Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Tahun Profesionalisme Dalam Penatalayanan Dan Menyongsong Pesta Jubileum HKBP Jambi Adakan Malam Inspirasi

Poto Bersama: Kiri Tony Siahaan, St Dr Rosinta Norawati Butarbutar, MA, Pdt Edward Aritonang, S.Th Pimpinan Jemaat HKBP Jambi, St Dr Longser Sormin, SH, MH Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Medan, Dr Drs Jodion Siburian, M.Si Dosen Universitas Jambi, AKBP Senopsa Sihotang, SE Kabag Binops Ditbinmas Polda Jambi, St O Sirait, St J Manurung, S.Pd, St W Sinaga, S.Pd dan Masta Rosie Simarmata, Sabtu 27/5/2023. (Poto, MH - Fendi Sinabutar). 

JAMBI, MH -  Program kerja Dewan Marturia HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi pada tahun 2023 adalah mengadakan "Malam Inspirasi  HKBP Jambi terhadap  Naposo Bulung dan Remaja. 

Namun atas kesepakatan antara Dewan Marturia dan Panitia Tahun Profesionalisme Dalam Penatalayanan dan sekaligus menyongsong Pesta Jubileum yang ke 75 HKBP Jambi pada tahun 2024 (Musyarawarah dalam sermon) bahwa "Malam Inspirasi  HKBP Jambi" menjadi salah satu kegiatan Tahun Profesionalisme Dalam Penatalayanan  2023 dan Pesta Jubileum.

Acara Malam Inspirasi HKBP Jambi ini dilaksanakan di gereja HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Sabtu, 27 Mei 2023 dan dihadiri ratusan orang Naposo Bulung, Remaja termasuk orangtua. Turut juga hadir Pdt Ramses Sitompul, S.Th, Pdt Pestanatalia br Silaen, S.Th, Bvr T br Nadapdap dan Diak R br Simangunsong.

Sebelum acara Malam Inspirasi HKBP Jambi di mulai, terlebih dahulu diadakan renungan singkat yang dipimpin Pdt Martin Sirait, S.Si Teol dan Pendeta mengambil naats dari 1 Petrus 4 : 10, doa syafaat disampaikan St W Sinaga, S.Pd. Acara ini dihadiri ratusan orang, termasuk para orangtua.

Selama ibadah berlangsung lagu - lagu pujian dinyanyikan yang diiringi Band Remaja, Koor Naposobulung mempersembahkan lagu pujian lewat "Let Everyiting That Hath Breath" dan MC oleh Tony Siahaan dan Masta Rosie br Simarmata.

Selanjutnya kata sambutan dari Ketua Umum Panitia Tahun Profesionalisme Dalam Penatalayanan dan Pesta Jubileum HKBP Jambi St Dr Rosinta Norawati Butarbutar, MA dan Pdt Erdward Aritonang, S.Th Pimpinan Jemaat HKBP Jambi sekaligus membuka secara resmi acara. 

Malam Inspirasi HKBP Jambi diadakan untuk memotivasi dan memberikan inspirasi kepada para Naposobulung dan Remaja agar tetap setia dalam melayani Tuhan dan aktif dalam setiap kegiatan di gereja maupun ibadah tanpa mengganggu proses belajar di bangku sekolah maupun perkuliahan bahkan di dalam pekerjaan.

Untuk memotivasi dan mengungkapkan kisah - kisah yang dialami selama aktif di dalam organisasi (Naposobulung) gereja dan sukses meraih keberhasilan Panitia mengundang nara sumber  yaitu St Dr Longser Sormin, SH, MH Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Medan Sumatera Utara, Dr Drs Jodion Siburian, M.Si Dosen Universitas Jambi dan AKBP Senopsa Sihotang, SE Kabag Binops Ditbinmas Polda Jambi.

PT Eldivo Tunas Arta (ETA) Rute Jambi - Pematang Siantar & Pematang Siantar - Jambi Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Ke tiga nara sumber tersebut adalah aktif di Naposo Bulung HKBP Jambi  dan mereka mempunyai group WA Manna (Mantan Naposo Bulung) HKBP Jambi dan yang mengundang nara sumber tersebut Abraham Tambun, SE, MM yang aktif juga di gereja sebagai Song Leader dan merupakan ketua seksi musik HKBP Jambi, yang sehari - hari  bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kantor Gubernur Provinsi Jambi.

St Dr Lonser Sormin, SH, MH, menuturkan ketika kuliah di Universitas Jambi Sormin sapaan akrabnya selalu aktif di dalam kegiatan gereja dan melayani Tuhan bersama Naposo Bulung HKBP Jambi.

Dikatakan pria kelahiran Lobusonak Kec Pangaribuan Kabupaten Tapanuli Utara Provinsi Sumatera Utara, karena aktif di gereja sebagai Naposo Bulung (NHKBP) Sormin sering bertemu dengan para Pendeta maupun penatua (Sintua) mereka selalu memberikan motivasi dan nasehat di dalam melayani Tuhan, tanpa mengabaikan belajar dan belajar di perkuliahan.

Dikisahkan alumni SD Negeri Purbatua, SMP Negeri Pangaribuan Tapanuli Utara dan SMA Josua Medan ini di gereja mereka membentuk komisariat Naposo Bulung, komisariat ini dibentuk untuk dapat menghimpun Naposo Bulung dan sekaligus membuat kegiatan - kegiatan.

Suami Dra Rimbun Simanjuntak ini mengatakan ketika pada bulan puasa mereka mengadakan berbagai kegiatan perlombaan di gereja antara komisariat yang satu dengan komisariat yang lain, sehingga kekompakan dan keakraban terjalin di antara mereka.

Namun walaupun aktif di setiap kegiatan di gereja dan selalu melayani Tuhan, perkuliahan yang mereka jalankan tidak pernah mengalami kendala, karena mereka dapat mengatur waktu antara melayani Tuhan dan belajar dan belajar, sehingga sukses itu mereka gemgam bersama.

Menurut ayah putri semata wayang Mery Yohanna Sormin ini mengatakan bahwa, "Satu unsur yang paling penting untuk rumus sukses adalah mengetahui bagaimana cara rukun dengan orang lain", ujar mantan Ketua NHKBP 1981 - 1983 dengan diplomatis.

Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Hukum IBLAM  (S2) Jakarta dan alumni Universitas Pasundan Bandung Program Doktor (S3) Ilmu Hukum ini mengatakan bahwa setiap hari Sormin  mempunyai catatan kegiatan apa yang telah dilaksanakan secara teratur.

Mantan Hakim di Pengadilan Negeri Kuala Tungkal Jambi, di Pengadilan Negeri Dili Timor Timur sebelum pisah dengan Indonesia, di Pengadilan Negeri Bale Bandung, di Pengadilan Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah dan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat DKI Jakarta ini mengisahkan pada jamannya 1970 an  bahwa alat transportasi masih sulit dan jalan masih timbunan tanah, namun mereka berusaha agar tetap hadir di gereja, sebahagian diantara mereka di antar jemput orangtua.

Dikatakan Sormin kepada Naposo Bulung bahwa sukses itu dapat dicapai melalui Sikap. Karena Sikap yang kita miliki adalah jalur menuju kesuksesan Filipi 2 : 5, artinya dapat mengembangkan sikap sebagai pemenang, ujar mantan Ketua Pengadilan Negeri Muara Tebo Jambi ini.

Dituturkan mantan Wartawan Surat Kabar Ampera Jambi (1983 - 1985) ini  bahwa Sikap itu penting mengapa?. Kalau sikap anda kepada dunia baik sekali, anda akan menerima hasil yang baik sekali, kalau anda hanya merasa biasa - biasa saja kepada dunia, tanggapan dari dunia juga hanya dalam tingkat rata - rata saja.

Selanjutnya kalau anda punya perasaan buruk kepada dunia, maka rasanya anda hanya menerima  umpan balik yang negatif dari kehidupan, ungkap mantan Hakim Tinggi di Pengadilan Tinggi Maluku Utara dan mulai tahun 2021 - sekarang Hakim Tinggi di Pengadilan Tinggi Medan Sumatera Utara.

Mantan Hakim Tipikor di Pengadilan Negeri Bandung Jawa Barat ini mengatakan bahwa arti sukses yang paling benar bukanlah, "berusaha sampai ke puncak" melainkan "bangkit dari bawah".

Sormin mengutif dari Firman Tuhan bahwa: Sukses tunduk pada tujuan Tuhan (Mazmur 1:3), Sukses memerlukan pengganti(Yosua 1:8), Sukses menguntungkan orang lebih dulu (Mateus 13:8), Sukses dimulai dengan izin (Yohanes1:12), Sukses datang setelah pelarian (1 Samuel 19:10), Sukses dibangundi atas wawasan dan tujuan (Amsal 29:18) dan Sukses mengikuti Iman dan Kesetiaan (Ibrani 11:1).

Sementara nara sumber Dr Drs Jodion Siburian, M.Si yang juga dosen di Universitas Jambi menyoroti tentang pentingnya organisasi bagi pemuda gereja. 

Menurut Siburian sapaan akrapnya bahwa unsur organisasi adalah memiliki struktur, mempunyai format dan tata tertib, mempunyai tujuan bersama, adanya kerjama dan kolaborasi, komunikasi sebagai pendukung dan evaluate.

Ketika masih sekolah di SMA Negeri Siborongborong telah aktif sebagai Naposo Bulung di gereja GKPI, karena dia kost di rumah Sintua GKPI sekaligus sebagai pelatih koor di Naposo Bulung, namun  di sekolah tetap mendapat juara.

Ketika kuliah di Universitas Negeri Medan kembali aktif sebagai Naposo Bulung  di HKBP Sei Agul Medan dan juga sebagai guru koor. Dijelaskan Siburian agar ke duanya dapat berjalan lancar dan tidak terbengkalai, mutlak dilakukan manajemen waktu dengan baik.

Awalnya sedikit mengalami kewalahan membagi waktu, lama - lama semakin terbiasa dan terbawa sepanjang masa, atas pengaturan waktu belajar dan kegiatan di gereja termasuk melayani Tuhan dengan baik, maka prestasi diraihnya dan dijuluki mahasiswa teladan di kampusnya.

Diceritakannya walaupun mahasiswa teladan, namun cita - citanya sebagai dosen di almamaternya tidak tercapai gagal dan gagal, menurut dia karena tidak memiliki koneksi di Universitas Negeri Medan. 

Namun Siburian tidak patah semangat berangkat merantau ke Ibu Kota DKI Jakarta dengan mengandalkan selembar ijazah yang diperolehnya  dari Unimed Medan, namun tetap tidak berhasil akhirnya dia merantau ke Jambi, ungkap peserta Pesparawi Tingkat Nasional di Samarinda (Kalimantan Timur).

Di Jambi ikut sebagai Naposo Bulung dan aktif di HKBP Jambi atas kegigihan mencari kerja dan dibarengi dengan doa akhirnya diterima sebagai dosen di Universitas Jambi. Keaktipan kita mengikuti segala kegiatan di gereja sebagai Naposo Bulung tidak menghalangi untuk mencapai kesuksesan.

Dikisahkannya bagaimana mereka dapat sampai di antar langsung dengan angkot ke depan gereja HKBP Jambi. Namun mereka tetap ada kemudahan dari terminal Rawasari Kota Jambi, harus ada kesepakatan dengan supir angkot di antar langsung ke depan gereja HKBP Jambi, karena faktor keadaan jalan pada masa itu, masih timbunan tanah dan banyak yang rusak.

Suami boru Panjaitan ini menyatakan bahwa mamfaat yang bisa didapat jika bergabung  di NHKBP adalah meningkatkan wawasan, memperluas pergaulan, meningkatkan kemampuan berkomunikasi, membentuk pola pikir yang lebih baik.

Selanjutnya dapat mengembangkan bakat, minat dan hobi, belajar memanajemen waktu dengan baik dan tertata, melatih kemampuan menghadapi tekanan dan mengasah kemampuan sosial sehingga dapat berinteraksi dengan masyarakat umum, hal tersebut di atas tidak pernah dipelajari di dalam bangku sekolah maupun diperkuliahan, ujarnya.

Anggota Koor Mannen Ekklesia HKBP Jambi ini menuturkan bahwa sisi positif yang di dapat jika bergabung dengan NHKBP adalah meningkatnya rasa simpati dan empati, menghargai dan memahami orang yang berbeda - beda, dengan sendirinya terjalin persahabatan.

Diuraikan alumni Institut Teknologi Bandung (S2) ini bahwa ikut di NHKBP adalah membantu mendapat beragam ilmu tambahan. Ilmu tidak hanya di dapat di dunia persekolahan/perkuliahan, namun bisa juga melalui berorganisasi, misalnya dalam perkuliahan didapatkan ilmu seputar teori - teori saja, tetapi di organisasi bisa praktis dan diimplementasikan, tuturnya.

Diakhir pembicaraannya  Alumni Universitas Negeri Malang Program Doktor (S3)  mengutif Firman Tuhan dari 1 Korintus 15 : 58, "Karena itu, saudara - saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan!. Sebab kamu tau, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia - sia", pungkasnya.

Hal senada juga dikatakan AKBP Senopsa Sihotang, SE bahwa mamfaat ikut aktif menjadi anggota NHKBP adalah sebagai wadah dimana hubungan sosial dapat berkembang dan memperkuat ikatan diantara sesama anggota, menjadi pemuda yang parsisipatif, keatif dan inovatif di tengah - tengah jemaat dan Pemuda gereja menjadi berkat bagi banyak orang.

Sebelum memberikan narasinya AKBP Senopsa Sihotang, SE menyanyikan lagu pujian, "Hidup Ini Adalah Kesempatan".

Selanjutnya suami boru Purba ini menyatakan bahwa  bergabung di NHKBP dapat menangkal untuk kegiatan - kegiatan yang kurang terpuji dan juga sebagai filter agar tidak terjerumus ke hal - hal negatif.

Anggota Koor Mannen Ekklesia HKBP Jambi ini  mengarahkan Naposobulung dan Remaja bahwa melayani kepada Tuhan berkat akan mengalir, percayalah ungkapnya dengan nada penuh semangat.

Dikisahkannya ketika melamar menjadi anggota kepolisian dia menunjukkan piagam penghargaa Festifal Karaoke lagu rohani NHKBP tahun 1996 meraih juara I, berkat piagam ini menjadi nilai tamba dan Puji Tuhan saya diterima sebagai anggota kepolisian, ungkapnya.

Sihotang mengutif naats dari Firman Tuhan 1 Timoteus 4 : !2, "Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda, jadilah teladan bagi orang - orang percaya, dalam perkataanmu, dalm tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kecucianm".

Dalam acara Malam Inspirasi HKBP Jambi ini di selang - selingi dengan penarikan undian doorprize, penampilan band dari Remaja dan NHKBP termasuk testimoni dari Daniel Panggabean siswa SMA HKBP Nommensen Jambi dapat meraih beberapa piagam dan diterima sebagai Mahasiswa Undangan di Universitas Jambi dan aktif di Remaja HKBP Jambi sebagai Song Leader.

Selanjutnya testimoni dari Frangky Hutabarat, SH yang aktif di kegiatan NHKBP dan melayani Tuhan sebagai Song Leader dan pernah diutus dari Universitas Jambi ke Australia. Naposo Bulung juga menampilkan tarian tortor. (MH - Fendi Sinabutar).



















Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar