Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Mantan Gubsu Rudolf Pardede Tutup Usia


Foto kenangan Rudolf Matzuoka Pardede Vera Natarida Br Tambunan .(IST)

Medan, MH-Tokoh Sumatera Utara yang juga pernah menjabat sebagai Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) ke-16 Rudolf Matzuoka Pardede atau yang lebih sering disapa Rudolf Pardede meninggal dunia. Rudolf Pardede meninggal dunia, Selasa malam (27/6/2023), pukul 21.15 WIB di rumah sakit di Medan, tutut usia 81 tahun.

Jenazah Rudolf Pardede saat ini  disemayamkan di rumah duka yang beralamat di Jalan Slamet Riyadi, Medan Maimun. Gubsu Edy Rahmayadi dijadwalkan akan melayat pagi ini Rabu (28/6/2023) ke rumah duka.

Rudolf Pardede lahir di Balige, Kabupaten Toba, Sumut pada 4 April 1942, merupakam salah satu putera dari pengusaha terkenal almarhum TD Pardede dan Hermina Br. Tambunan. TD Pardede semasa hidupnya pernah menjabat sebagai Menteri Berdikari di era pemerintahan Presiden Sukarno tahun 1964.

Pada Pilkada Gubernur Sumut 2003, Rudolf Pardede terpilih sebagai wakil Gubernur berpasangan dengan Teungku Rizal Nurdin. Namun seiring dengan meninggalnya Teungku Rizal Nurdin dalam kecelakaan pesawat Mandala di Medan pada 5 September 2005,  selanjutnya Rudolf yang kemudian mendapat mandat sebagai Pj Gubernur dan selanjutnya pada Maret 2006 ia dilantik sebagai Gubernur Sumut definitif.

Dalam dunia politik, Rudolf Pardede pernah dipercaya memimpin PDIP dan kemudian sempat pula menjabat sebagai Ketua Gerindra Sumut.  Rudolf hanya satu periode saja sebagai Gubernur, karena pada Pilkada 2009 Dia memutuskan tidak ikut lagi.

Rudolf Pardede berpulang dengan meninggalkan seorang istri bernama Vera Natarida Br Tambunan dan tiga orang anak, masing-masing Beby Fedy Camelia Pardede, Salomo Tabah Ronal Pardede dan Josua Andreas Pardede. (MH-Red/Lee)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar