Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Istri Luhut Terharu Ketika Enmorey Bungaran Sihotang Anak Didik SMA Unggul Del Laguboti Diwisuda Dari Akmil

Kiri : Uli boru Pandjaitan, Enmoray Bungaran Sihotang,,,,, Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Si.

JAMBI, MH - Sebanyak 356 Taruna Akademi Militer (Akmil) Tingkat IV/Sermatutar Calon Perwira Remaja (Capaja) TNI AD Tahun 2023 telah melaksanakan Penutupan Pendidikan dan Wisuda Sarjana serta Pengambilan Sumpah Prajurit di Magelang, Jawa Tengah pada Kamis, 13/7/2023. 

Penutupan Pendidikan dan Wisuda Sarjana serta Pengambilan Sumpah Prajurit digelar dihadapan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman. 

Sebelumnya, Gubernur Akademi Militer (Akmil) Mayjen TNI Erwin Djatniko melepas para Taruna Akademi Militer Tingkat IV/Sermatutar Calon Perwira Remaja (Capaja) TNI AD Tahun 2023 ini dalam Tradisi Korps Kirab di Alun-Alun Kota Magelang pada Rabu (5/7/2023). 

Dalam keterangan persnya, Gubernur Akmil Mayjen TNI Erwin Djatniko mengatakan bahwa acara Kirab Kota Magelang bagi Taruna Akademi Militer Tingkat IV/Sermatutar TP 2022/2023 ini merupakan bagian dari Tradisi Korps Taruna yang bertujuan untuk mohon diri dan doa restu kepada seluruh warga masyarakat Kota Magelang karena mereka telah menyelesaikan pendidikan di Akademi Militer selama kurang lebih 4 tahun. 

Kemudian, para Taruna akan melaksanakan Prasetya Perwira (pelantikan sebagai Perwira Remaja) oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta pada Rabu, 26/7/2023 mendatang. 

Diwisudanya para Taruna ini, turut menjadi kebahagiaan tersendiri bagi istri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Devi Simatupang. 

Kebahagiaan tersebut disampaikan Devi melalui akun media sosial Facebooknya Kamis, 13/7/2023.  Pemilik SMA Unggul DeL di Laguboti Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara itu terlihat mengunggah foto sang perwira muda sedang foto bersama dengan Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak dan istrinya, Uli Panjaitan yang juga menantunya. 

"Perwira dari Akademi Militer Magelang yang berasal dari SMA UNGGUL DEL.. Bersama Pangkostrad dan Ibu Uli. Melihat ini campur aduk perasaan saya, terharu, bangga, bahwa DEL melakukan sesuatu bagi negeri tercinta.. Jadilah Perwira yang baik young man.." tulis Devi Simatupang.

Sebelumnya diketahui pada tahun 2019 lalu, ada 4 siswa dari SMA Unggul DeL berhasil lulus ke Akmil dan Akpol. Dikutip dari data siswa SMA Unggul Del, keempat siswa tersebut ialah Gabriel Maruli Siregar (Alumni Angkatan IV Tahun 2018). Ia diterima di Akademi Angkatan Udara Yogyakarta.

Kemudian, Vany Patricia Thesaura Sinuhaji (Alumni Angkatan V Tahun 2019). Ia diterima di Akademi Kepolisian Semarang, Jawa Tengah, dengan predikat nilai akademik terbaik. 

Lalu, Enmorey Bungaran Sihotang (Alumni Angkatan V Tahun 2019). Ia diterima di Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah.

Selanjutnya, Marthin Stiven Gultom (Alumni Angkatan IV Tahun 2018). Ia diterima di Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah. Sebelumnya, Vany Patricia Thesaura Sinuhaji juga telah diterima di Fakultas Kedokteran USU dan  Enmorey Bungaran Sihotang telah diterima di Fakultas Teknik Mesin & Dirgantara ITB. 

Siapakah sosok yang diunggah istri Luhut yang tengah foto bersama dengan Pangksostrad Maruli Simanjuntak dan Uli Pandjaitan itu?. Salah satu perwira muda yang baru diwisuda tersebut ialah Enmorey Bungaran Sihotang atau yang kerap disapa Rey Sihotang. 

Rey Sihotang kelahiran 30 Juli 2001. Rey anak kedua dari tiga bersaudara. Kakaknya, bernama Bachoryan Marpuratak Sihotang sedang mengambil S2 Hukum di Unika Atmajaya Yogyakarta. Sementara, sang adik, Angel Christy Sihotang, sedang kuliah di Universitas Diponegoro (Undip). Sedangkan ayah Rey Sihotang bernama Toni Sihotang dan ibunya Mariani Sinaga. 

Sang ayah, Toni Sihotang merupakan alumni FISIP Universitas Sumatera Utara (USU). Mereka tinggal di Pekanbaru, Riau. Meski tinggal di Pekanbaru, tetapi keluarga Toni Sihotang kerap pulang kampung ke Kecamatan Parlilitan, Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi  Sumatera Utara. 

Diketahui, kedua orangtua Toni Sihotang (kakek dan nenek dari  Rey Sihotang) hingga saat ini masih tinggal di Kecamatan Parlilitan. Namun, yang masih hidup saat ini tinggal nenek dari Rey Sihotang. Dimana sang kakek telah duluan dipanggil Tuhan Yang Maha Kuasa. 

Sebelum dipanggil Tuhan pada 10 Maret 2019 lalu, sang kakek mengharapkan agar cucunya si Rey Sihotang bisa menjadi seorang militer. 

Hal itu terungkap saat Rey Sihotang  menyampaikan kata-kata perpisahan di hadapan jenazah, bahwa dia akan mengikuti seperti yang oppung dolinya (kakeknya) cita-citakan menjadi militer. Makanya, saat liburan pertama setelah jadi Taruna, Rey Sihotang  ziarah dan beri hormat ke nisan oppung dolinya di Dusun Pinim, Kecamatan Parlilitan. Bahkan, setiap liburan, Rey Sihotang pasti pulang kampung untuk ziarah. 

"Rey dulu amat didambakan mendiang oppung dolinya (kakek) supaya masuk Akmil,"cerita pihak keluarga Rey Sihotang.

"Makanya oppung  borunya (nenek) dia minta ke Jakarta untuk menyaksikan pelantikannya di Istana Negara pada tanggal 26 ini," sambungnya.

Setelah selesai diwisuda, Rey Sihotang  pun mengirim pesan kepada keluarganya di kampung halaman di Kecamatan Parlilitan Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). 

"Horas Oppung, Bapak, Mamak, Uda/Nanguda, Amangboru/Bou dan adek - adek sekalian.. Terima kasih banyak atas dukungan selama ini sampai pada titik ini. Mohon doanya agar selalu kuat untuk melangkah ke titik selanjutnya. Semoga kita semua selalu diberkati Tuhan. Amin," demikian pesan Rey.

Rey Sihotang merupakan Taruna Akmil yang cukup berprestasi. Rey pernah berhasil meraih 10 karya terbaik lomba inovasi mahasiswa tingkat nasional pada tahun 2021. Hal itu terlihat dari unggahan media sosial Twitter AKMIL @penhumasakmil19.

"Good Luck! 3  Taruna Akmil berhasil meraih 10 Karya Terbaik Lomba Inovasi Mahasiswa Tingkat Nasional 2021 1. Sermadatar  Enmorey Bungaran Sihotang No. Ak. 2019.024, Sermadatar M. Irfan No. Ak. 2019.028 dan Sermadatar Novega Galih Armyanto No. Ak 2019.009," tulis @penhumasakmil19. Kegiatan Lomba Inovasi Mahasiswa Nasional 2021 ini digelar di (Untidar) Universitas Tidar Magelang pada Rabu, 24/11/2021.  

Lomba ini bertemakan Terobosan Teknologi Untuk Indonesia Menuju Era Society 5.0. Enmorey Bungaran Sihotang terpilih menjadi Taruna Akmil juara I dengan judul: Analisis Perancangan Pompa Hidrolik Elektrik. Sementara, Muhamad Irfan meraih juara II dengan judul: Rancang Bangun Public Address Berbasis Frekuensi VHF Di Akademi Militer.

Sedangkan Novega Galih Armyanto meraih juara VI dengan judul: Rancang Bangun Sistem Identifikasi Keluar Masuk Kendaraan Dalam Perumahan Dinas Akademi Militer untuk Mendukung Program PPKM Menggunakan Komunikasi Radio Frekuensi Berbasis Mikrokontroler. 

"Kegiatan Lomba Inovasi Mahasiswa 2021 yang merupakan bentuk kolaborasi antara Akademi Militer, Balitbang dan Universitas Tidar Magelang kali ini, diharapkan akan menjadi wadah untuk membentuk para mahasiswa menjadi manusia yang unggul, cakap, kreatif, inovatif, mandiri, terampil, berkompeten dan berbudaya serta menghasilkan sebuah karya ilmiah yang bermanfaat dikalangan akademisi maupun kehidupan masyarakat secara luas,"demikian @penhumasakmil19. (Berbagai Sumber, MH - Fendi Sinabutar).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar