Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Pria Kelahiran Kota Parapat Girsang Sipangan Bolon Simalungun Sandang Bintang Satu Dipundak

Penyematan Bintang Satu Kepada Samson Sitohang oleh Komandan Korps Marinir TNI Angkatan Laut Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah.

JAKARTA, MH - Kolonel Marinir Samson Sitohang resmi menyerahkan jabatan pasukan rahasia Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) kepada Komandn Korps Marinir, TNI Angkatan Laut, Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah

Penyerahan jabatan yang diembannya sejak 26 Juni 2022 itu dilangsung dengan suasana penuh hikmat di Lapangan Hijau Markas Komando Korps Marinir (Mako Kormar), Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun 40, Kwitang, Jakarta Pusat.

Berdasarkan siaran resmi Penerangan Korps Marinir dilansir VIVA Militer, Kolonel Mar Samson Sitohang menyerahkan jabatan orang nomor satu di tubuh Denjaka itu karena ia baru saja dipromosikan untuk naik jabatan sebagai Komandan Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) di Surabaya, Jawa Timur.

Sementara itu, sampai saat ini belum diketahui secara pasti siapakah perwira hantu laut yang bakal dipercaya untuk menerima jabatan Komandan Denjaka selepas diserahkan Kolonel Mar Samson Sitohang.

Ajudan Presiden Joko Widodo periode 2019-2021 dipromosikan naik jabatan setelah Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono menerbitkan surat keputusan nomor 690/VII/2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan militer Indonesia.

Namun ada fakta menarik dari promosi itu, sebab dengan menjabat sebagai Komandan Kodikmar maka lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) 1998 itu pecah bintang alias naik pangkat jadi perwira tinggi TNI penyandang Bintang Satu di pundaknya.

Selain itu, perwira yang terlibat dalam operasi militer pembebasan awak kapal KM Kudus yang disandera bajak laut di Simolia itu memecah rekor baru untuk Denjaka. Sebab, ia menjadi Komandan Denjaka pertama yang dipercaya menjabat Komandan Kodikmar Kodiklatal.

Samson Sitohang satu-satunya Jenderal TNI berdarah Denjaka yang menjabat Kodikmar. Sebab sejak Kodikmar dibentuk pada tahun 1951, tak ada seorang pun Komandan Kodikmar yang berasal dari Denjaka.

Selamat untuk Samson Sitohang penyandang Bintang Satu di pundak pria kelahiran Kota Parapat Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara, lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1998, semoga Kodikmar di bawah kepemimpinan Samson Sitohang semakin berjaya.

Profil secara singkat Samson Sitohang: 1. Danyon Taifib 2/Marinir (2013 - 2015), 2. Danyonif 2/Marinir (2015 - 2016), 3. Pasiops Denjaka (2016 - 2018), 4. Wadan Denjaka (2018 - 2019), 5. Asintel Danpasmar (2019), 6. Ajudan Presiden RI Joko Widodo (2019 - 2021), 7. Sahli A Bid Ops Kormar (2021 - 2022) dan 8. Dandenjaka (2022 - Sekarang). (MH - Fendi Sinabutar).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar