Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Gempa 2.5 SR Dirasakan Di Tarutung Tapanuli Utara Aktivitas Segmen Renun Sebanyak 18 Kejadian


JAMBI, MH - Daerah Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara Provinsi Sumatera Utara diguncang gempa bumi tektonik, Kamis (3/8/2023) pukul 09:52:04 WIB. Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 2,5 Skala Richter (SR).

Kepala BBMKG Wilayah I Medan Hendro Nugroho ST MSi mengatakan episenter terletak pada koordinat 2.04 LU dan 98.89 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 km Barat Laut Tapanuli Utara Sumut pada kedalaman 4 km.

Ia mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas sesar Sumatera pada segmen renun.

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan II MMI di daerah Tarutung (getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Aktivitas gempa bumi dari pukul 06.03 WIB hingga 10.30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas segmen renun dan sekitarnya sebanyak 18 kejadian.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, ungkap Hendro Nugroho. (MH/Red).





Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar