Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Punguan Pomparan Raja Pasaribu Mengadakan Pesta Partangiangan Bolon Se-Indonesia 27/8/2023 Di Medan

Poto Bersama dengan Ketua Panitia Dr Dompak Pasaribu SE MSi, CPA CACP.

MEDAN, MH Ribuan Pomparan (keturunan) Pasaribu dan Boru se-Indonesia akan menghadiri Partangiangan Bolon, Minggu (27/8/2023) di Pardede Hall Medan. Sehari sebelumnya, Sabtu (26/8/2023) dilaksanakan Musyawarah Besar (Mubes) di Gedung Raja Inal Siregar Kantor Gubernur Sumut untuk memilih Ketua Umum Punguan Pomparan Raja Pasaribu Indonesia (PPRPI).

Para pengurus PPRPI se- Provinsi Kabupaten/Kota di Indonesia sebelumnya berkumpul di Jakarta menggagas terlaksananya Mubes dan Partangiangan Bolon. Kemudian disepakatilah Medan menjadi tuan rumah penyelenggara dengan dua acara yakni Mubes dan Partangiangan Bolon sekaligus pelantikan Pengurus PPRPI se-Indonesia yang baru terpilih.

Kemudian Ketua Umum PPRPI Pusat Dr Ir Sahala Benny Pasaribu dan Sekjen Ir Lusman Pasaribu menerbitkan SK panitia. Ketua panitia pengarah dipercayakan kepada Dr Ronsen Pasaribu (mantan Kepala BPN Medan), Sekretaris Tumpak Pasaribu SE Ak MAk CA dan Bendahara Drs Kristian Pasaribu MBA.

Ketua Umum Panitia Pelaksana dipercayakan kepada Dr Dompak Pasaribu SE MSi, CPA CACP (Ketua PPRPI Kota Medan), Wakil Ketua Parlin DE Pasaribu SH MH, Sekretaris Lawrence Boston Pasaribu ST, Wakil Sekretaris Anton Pasaribu, Bendahara Murni Pasaribu, Wakil Bendahara Ny Kolonel Sihotang Br Pasaribu. 

Panitia dilengkapi seksi-seksi, sudah beberapa kali melakukan rapat secara zoom maupun tatap muka. Ketua Panitia Dompak Pasaribu mengatakan, keturunan Pasaribu se-Indonesia dipastikan hadir dalam Partangiangan Bolon (akbar). 

Namun mengingat jauhnya jarak Kota Medan dengan propinsi lain maka perwakilan diutus tiap Provinsi di luar Sumut. Massa Pasaribu dan Boru dari cabang-cabang Kabupaten/Kota dipastikan ikut meramaikan perhelatan akbar ini terlebih tuan rumah Medan. 

Seluruh sektor yang ada di Medan dikerahkan ke Pardede Hall yang dikordinir masing-masing Ketua Sektor.Sebelum Partangiangan Bolon, Pengurus PPRPI se-Indonesia akan melaksanakan Mubes untuk memilih Ketua Umum PPRPI di ruang pola Raja Inal Siregar Kantor Gubernur Provinsi Sumatera Utara Jalan P Diponegoro, Medan. 

Peserta Mubes adalah para pengurus cabang se-Indonesia, namun yang memiliki hak suara adalah ketua-ketua cabang. "Kami sangat berterima kasih kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan jajarannya yang memberi tempat bagi PPRPI melaksanakan Mubes," ujar Dompak Pasaribu kepada wartawan, Minggu (13/8/2023).

Partangiangan Bolon kata Dompak Pasaribu akan diawali dengan ibadah, kemudian dilanjutkan syukuran dengan acara adat Batak seperti manortor dan mangulosi. Akan hadir "Gondang Sabangunan" dari Samosir dan artis ibukota seperti Maria Pasaribu. Di samping itu panitia akan menghadirkan "Hujur" pusaka peninggalan Op Raja Pasaribu yang sudah berusia 700 tahun. 

"Kegiatan ini merupakan yang pertama di PPRPI se-Indonesia, teristimewa Kota Medan menjadi tuan rumah. Ini merupakan kehormatan bagi kami keluarga besar PPRPI Kota Medan. Untuk itu diharapkan, seluruh sektor di Kota Medan datang dengan kekuatan massa penuh, karena ini adalah pesta kita dan kebanggaan Pasaribu, marilah kita sukseskan bersama," ucap Dompak Pasaribu seraya mengatakan, acara akan dimeriahkan dengan hadiah lucky draw dan pemberian tali kasih kepada putra-putri Pasaribu dan Bere dari seluruh sektor dari SD, sampai perguruan tinggi.Sebagai tuan rumah, 

Dompak mengajak keluarga besar Pasaribu dan Boru menyuskeskan agenda Mubes dan Partangian Bolon se-Indonesia ini. Dia berterima kasih melihat seluruh panitia sampai ke tingkat seksi sudah bekerja keras mempersiapkan perhelatan akbar ini.

Dia juga mengingatkan, agenda besar Mubes dan Partangiangan Bolon PPRPI digelar tanggal 26 dan 27 Agustus 2023 mendatang adalah milik bersama PPRPI sehingga seluruh panitia harus bekerja dengan tulus ikhlas membesarkan Punguan Marga Pasaribu dan Borunya.

"Kalau bukan kita Marga Pasaribu dan Borunya, siapa lagi yang membesarkan PPRPI ini. Ingat, jika PPRPI itu bukan asset kita, tapi kitalah semua menjadi asset PPRPI," ujar Dompak Pasaribu.

"Panitia lokal bisa mensosialisasikan kegiatan Mubes dan Partangiangan Bolon PPRPI kepada keluarga besar Pasaribu-Boru-Bere melalui sektor untuk bisa menyukseskannya dan menghadiri Partangiangan Bolon tersebut. 

Di dalam setiap rapat dilakukan diskusi, kita sudah mensinkronkan tugas-tugas panitia, sehingga seluruh panitia bisa bekerja sesuasi tupoksi masing-masing," ungkapnya.

Sesuai arahan Ketua DPP PPRPI Benny Pasaribu, Dompak menyatakan siap bekerja dan tentunya akan tetap berkoordinasi dengan Penasehat dan seluruh panitia seraya berharap dukungan dan bantuan dari seluruh keluarga besar PPRPI juga setiap sektor PPDB Kota Medan. (MH - Fendi Sinabutar).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar