Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Sahat Sinurat, ST, MT Presiden Jokowi Akan Hadiri Pelantikan Dewan Pengurus Pusat (DPP) GAMKI Di Medan


Medan, MH - Presiden Joko Widodo akan menghadiri pelantikan Dewan Pengurus Pusat Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (DPP - GAMKI), Sabtu (19/8/2023) di Lapangan Benteng Medan. Presiden Jokowi pada pekan depan akan melakukan kunjungan kerja di Kota Medan dengan agenda menghadiri pelantikan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Sabtu (19/8/2023).

Selanjutnya Presiden Jokowi siang harinya mengunjungi pasar dan sore menghadiri pelantikan Pengurus DPP GAMKI Pusat, keesokan harinya Presiden bertolak ke Afrika.
"Tadi kami sudah sudah kordinasi dengan protokol lewat zoom meeting, Presiden Jokowi akan berada di Medan mulai Senin sampai Sabtu (14-19 Agustus 2023). Semoga tidak ada halangan di tingkat nasional, hari Senin (14/8/2023) Presiden Jokowi sudah berada di Medan," ujar Ketua Umum DPP GAMKI Pusat Sahat Sinurat, ST, MT, ketika membuka Rapat Kerja (Rakerda) DPD GAMKI Sumut, Jumat (11/8/2023) malam di gedung Balai Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Sumatera Uarat di Jalan Bunga Raya, Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang.
Dikatakan Sahat Sinurat, sejak terpilih menjadi Ketua Umum DPP GAMKI, dia langsung berkordinasi dengan seluruh DPD se-Indonesia dan menetapkan Medan menjadi tuan rumah pelantikan Pengurus DPP yang akan dihadiri ribuan kader GAMKI Se Indonesia. Baru setelah pelantikan, DPP GAMKI akan melaksanakan rapat pleno dan Rakernas di Regale. Hal ini akan menunjukkan bahwa DPD GAMKI Sumut mewarnai GAMKI secara nasional.
"Mobilisasi akan dikoordinir dengan baik oleh Ketua dan Sekretaris DPD GAMKI Sumut. Karena Kepengurusan GAMKI Sumut yang terlengkap di seluruh Indonesia yang sampai ke tingkat ranting. Untuk itu, massa dari Sumut harus lebih besar, DPC-DPC yang terdekat dengan Medan massanya harus banyak.
Pendataan harus sesegera mungkin, kami sudah kordinasi dengan Polres se-Sumut. Kapolda Sumut juga berjanji akan memobilisasi massa dari luar Medan sampai ke lokasi acara," ucap Sahat Sinurat.
Hadir pada Rakerda tersebut Direktur Intel Polda Sumut Kombes Pol Dwi Indra Maulana, tokoh masyarakat Sumut Dr Parlindungan Purba, Ketua DPP HBB Lamsiang Sitompul, senioren GAMKI Jadi Pane, Benyamin Pinem, Ketua DPD GAMKI Sumut Darwin Sitompul, Sekretaris Swangro Lumbanbatu dan DPC-DPC se-Sumut.
Senioren GAMKI Jadi Pane berpesan kalau pengalaman politik tidak cukup menjadi andalan di dalam berorganisasi, khususnya di GAMKI. Kalau politik yang diandalkan GAMKI, akan tertinggal. Harus dipikirkan apa yang bisa menghidupi organisasi, tentu harus ditopang dengan kekuatan ekonomi.
"Tanpa ditopang kekuatan ekonomi, organisasi tidak bisa berjalan. Rakerda ini harus bisa membahas bagaimana meningkatkan ekonomi anggota misalnya dengan cara membentuk koperasi," terang Jadi Pane.
Mantan Sekretaris DPD GAMKI Sumut ini melihat juga tantangan gereja semakin besar. Terutama dalam kebebasan beragama dan mendirikan gereja. GAMKI diharapkan bisa mendampingi gereja untuk mengurus izin-izin gereja. "GAMKI harus bisa memfasilitasi pengurus gereja dengan pemerintah daerah untuk pengurusan izin rumah ibadah," tuturnya.
Bicara tentang politik, GAMKI harus berperan menyukseskan para kader uang maju dalam Pemilu Legislatif maupun Pilkada. Banyak kader uang ikut dalam tapi minim dalam.segi finansial dan logistik pemilu. Mereka mengandalkan jaringan persahabatan di organisasi. "Disitulah kita kader GAMKI membantu rekan-rekan kita yang ikut dalam Pemilu dan Pilkada," harapnya.
Mantan Senator asal Sumut Dr Parlindungan Purba mengatakan, Indonesia tidak maju kalau umat Kristen tidak maju, organisasi Kristen juga tidak maju kalau GAMKI tidak maju. Jadilah Kristen 100 persen, orang Indonesia 100 persen.
"Marilah kita saling menjaga kerukunan, saya melihat yang bisa memecah belah persatuan adalah masalah agama. Jadilah ISLAM, Kristen, Budha, Hindu 100 persen, jangan pernah mengatakan agama orang lain jelek. Kebersamaan kita kita tapi bagaimana bisa bermanfaat bagi masyarakat, marilah sama-sama mengukir prestasi untuk bangsa ini," ungkap Parlindungan Purba
Sementara, Lamsiang Sitompul yang juga mantan Wakil Ketua DPC GAMKI di era kepemimpinan Landen Marbun berpesan, pengurus GAMKI harus mampu membawa nama baik dan harga diri GAMKI, karena organisasi ini membawa nama Kristen. (MH/Red).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar