Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Bupati Samosir Vandiko T Gultom, ST Sukseskan Pemilu Tahun 2024 Dan Ingatkan ASN Netral

Bupati Kabupaten Samosir Vandiko T Gultom, ST.

Pangururan, MH - Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom ST mengingatkan seluruh aparatur pemerintah sebagai penyelenggara pemerintahan dan ASN untuk menjaga netralitas pada pemilu 2024 mendatang. Hal tersebut disampaikan Bupati Samosir saat menyampaikan paparan pada acara kunjungan kerja Forkopimda di Aula HKBP Mogang-Kecamatan Palipi Selasa, 12/9/2023.

Kunker Forkopimda diikuti peserta dari 4 Kecamatan yaitu, Palipi, Nainggolan, Sitio-tio dan Onan Runggu dengan menghadirkan para kades/lurah, BPD, kasi pemerintahan desa/kelurahan, camat.

Turut hadir Asisten 1 Tunggul Sinaga, SAB Rudi SM Siahaan, HUT Isasar Simbolon, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Komisioner KPU Monang Sinaga, Sekretaris Bawaslu Rita Bakara dan beberapa pimpinan OPD.

Selain menjaga netralitas, Vandiko mengajak Kepala Desa/Lurah, BPD dan Perangkat Desa, Camat dan seluruh masyarakat Kabupaten Samosir menjaga keamanan dan ketentraman guna menyukseskan pemilu tahun 2024 yang akan dating. 

"ASN, Kepala Desa, BPD, Perangkat Desa, Camat dan seluruh ASN untuk tetap menjaga netralitas. Menjaga ketentraman dan ketertiban, melaporkan kondisi secara berjenjang serta mengarahkan masyarakat berpartisipasi menyukseskan pemilu 2024. Mari satu arah menjaga kekondusifan Kabupaten Samosir," ujar Vandiko.

Aparatur Sipil Negara ASN), Aparatur Desa yang terlibat dalam kepanitiaan diharapkan bekerja dengan baik, penuh tanggung jawab dan jangan sampai terlibat politik praktis. "Jika ada pelanggaran segera dilaporkan, akan kami tindak dan diberi sanksi sesuai dengan keputusan Komisi ASN," tegas Bupati.

Sementara itu, Kapolres Samosir, AKBP Yogie Hardiman, SH, SIK, MH dalam paparannya mengatakan Polres Samosir siap dalam pengamanan pemilu maupun Pilkada tahun 2024 mendatang dengan kekuatan 231 personil.

"Untuk mengantisipasi ancaman keributan/konflik Polres Samosir telah menyurati Polda Sumatera Utara untuk penambahan  personil BKO dari satuan Brimob maupun Sabhara," ujar Kapolres.

Yogie memaparkan, dari 465 TPS yang tersebar dalam 9 Kecamatan, telah memetakan tingkat kerawanan yaitu kriteria kurang rawan 405 TPS, rawan 58, sangat rawan 1 TPS  dan 1 TPS khusus di Rutan Pangururan.

Kajari Samosir Andi Adikawira Putera, SH, MH menyampaikan Pemilu menggambarkan bahwa kedaulatan ada di tangan rakyat. Untuk kesuksesan Pemilu, Kejaksaan Negeri Samosir menyiapkan posko pemilu yang dapat dijadikan sumber informasi terkait data dan tahapan, menyajikan data secara cepat, tepat, akurat kepada user terkait tahapan pemilu, meminimalisir pelanggaran pada setiap tahapan pemilu. 

"Dalam menyukseskan pemilu 2024, Kejari Samosir mempunyai peranan aktif dalam keanggotan penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) sebagai optimalisasi penanganan pidana pemilu. Kejari Samosir bergerak atas dasar adanya MoU dengan KPU yang pada pokok perjanjiannya merupakan upaya menyukseskan pemilu 2024," tutup Kajari. 

Dandim 0210 TU melalui Pabung G. Sebayang mengatakan dalam pemilu dan Pilkada, TNI  netral tidak memihak kepada salah satu kontestan dalam pemilu. Sikap netralitas, mengamankan dan tidak berhak mengarahkan keluarga untuk memilih kontestan.

Lebih lanjut dikatakan G Sebayang dalam pemilu 2024 yang akan dating, pihak TNI siap membantu kepolisian dalam pengamanan demi menjaga kekondusifan di kalangan masyarakat, pungkas Sebayang. (MH/J24/S24/Red/Fendi Sinabutar).

 

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar