Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Kaesang Pangarep Resmi Didaulat Menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

Kaesang Pangerap Terpilih Jadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

JAKARTA, MH - Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep resmi ditetapkan menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Kaesang resmi menggantikan posisi Giring Ganesha yang didapuk menjadi Ketua Umum PSI sejak November 2021 lalu. Giring purna tugas dan diangkat sebagai Dewan Pembina PSI.

"Kita sambut ketua baru kita, Bro Kaesang Pangarep," kata Faldo selaku pembawa acara di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin (25/9/2023) malam. "Saya Kaesang, saya PSI," ujar Kaesang dalam video yang ditayangkan.

Kaesang sebelumnya telah resmi menjadi kader PSI pada Sabtu (23/92023) yang lalu. Ia mendapatkan kartu tanda anggota secara simbolis di kediaman Presiden Jokowi di Solo, Jawa Tengah yang dihadiri oleh sejumlah petinggi PSI.

Kaesang mengaku sudah meminta restu kepada ayahnya dan kakaknya, Gibran Rakabuming Raka yang kini menjabat sebagai Wali Kota Solo, serta istrinya, Erina Gudono. Dalam agenda kali ini juga dihadiri oleh sejumlah elite PSI, di antaranya Giring Ganesha, Grace Natalie, Raja Juli Antoni, Andy Budiman, hingga Isyana Bagoes Oka.

Hadir pula kader lain seperti Perwakilan Dewan Penasihat Irma Hutabarat, Cheryl Tanzil, hingga Faldo Maldini. Terpisah, Ketua DPP PDIP Said Abdullah juga telah angkat suara soal keputusan Kaesang.

Said menjelaskan terdapat peraturan internal PDIP ada keharusan seluruh anggota keluarga inti kader partai, terlebih bagi para kader yang menduduki jabatan publik tidak boleh aktif di partai lain. Namun, ia menilai Kaesang sudah membentuk keluarga sendiri setelah menikah alias tak lagi menjadi anak yang masih ditanggung atau anggota internal kader PDIP.

Menyampaikan pidato pertamanya sebagai Ketua umum PSI, Kaesang mengibaratkan dirinya sebagai nakhoda yang membawa bahtera PSI. "Terima kasih yang amat sangat, dalam pula. Selain diterima menjadi anggota, saya pun didaulat menjadi nakhoda bagi bahtera bernama PSI," kata Kaesang.

Kaesang menyebut PSI sebagai kapal besar yang berlayar."Kalau disebut kapal besar ya, tapi kita akan menuju ke sana," ujar Kaesang. Kaesang yakin dengan partai yang dipimpinnya saat ini. Kaesang menyebut tantangan di depan mata PSI dapat ditaklukan.

"Saya yakin dan optimis, arus dan gelombang akan berpihak kepada kita, anak muda," imbuhnya. Kaesang mengungkap alasannya terjun di dunia politik yakni terinspirasi dari Jokowi. "Terus terang saya masuk politik itu ya salah satu inspirasinya ya Bapak saya sendiri," ungkap Kaesang.

Kesang mengatakan dirinya sangat mencintai dan menghormati Jokowi. Dia ingin mengikuti jejak ayahnya untuk berpolitik demi kebaikan. "Beliau ini orang yang saya sangat cintai dan saya hormati, saya ingin mengikuti jejak beliau untuk berpolitik untuk kebaikan," kata Kaesang.

Kaesang lantas meminta izin ke Jokowi untuk menempuh jalan yang dipilihnya. Dia lalu berdoa apa yang dilakukannya mendapat keberkahan."Kepada Bapak, saya ingin menyampaikan izin saya mau menempuh jalan saya pak, semoga gusti Allah memberkahi jalan yang saya pilih ini," ucapnya.

Sementara itu, PDIP mengeklaim tidak ada keretakan hubungan antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai Kaesang Pangarep, memilih berlabuh ke PSI.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto memastikan hubungan antara Megawati dan Jokowi tetap baik lantaran keduanya disebut memiliki kedekatan emosional yang terbangun sejak lama. "Ibu Mega, Pak Jokowi, itu krek, punya emotional bonding, punya desain masa depan," ujar Hasto di DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (25/9/2023).

Hasto mencontohkan salah satunya pembentukan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang menurutnya hasil pemikiran dari kedua tokoh bangsa itu. Hasto selanjutnya juga tak sepakat apabila pilihan Kaesang ke PSI itu dikaitkan dengan Jokowi yang lebih condong ke Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024.

Hasto mengatakan hubungan Jokowi dan PDIP memiliki sejarah yang panjang. Ia menilai Pilpres 2024 akan membawa kejutan dengan menampilkan sosok pengganti Jokowi yang menurutnya sama bijaksananya. "Jadi politik itu jangan melihat apa yang tampak dipermukaan, lihat hubungan batinnya. Komitmen terhadap masa depan, komitmen terhadap rakyat," ujarnya.

Kaesang sebelumnya telah resmi menjadi kader PSI pada Sabtu (23/9) lalu. Ia mendapatkan kartu tanda anggota secara simbolis di kediaman Presiden Jokowi di Solo, Jawa Tengah yang dihadiri oleh para petinggi PSI.

Kaesang mengaku sudah meminta restu kepada ayahnya dan kakaknya, Gibran Rakabuming Raka yang kini menjabat sebagai Wali Kota Solo, serta istrinya, Erina Gudono. Di sisi lain. Pengamat politik Ahmad Khoirul Umum menganggap keputusan Kaesang Pangarep bergabung dengan PSI memperkuat sinyal Presiden Jokowi mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs itu mengamini sejauh ini PSI belum resmi menyatakan dukungan kepada capres tertentu. Akan tetapi, PSI sudah kerap hadir dalam acara yang dihelat partai-partai Koalisi Indonesia Maju pendukung Prabowo Subianto. (MH/J24/S24/Red/FS).


Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar