Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

PemkabToba Provinsi Sumatera Utara Apresiasi Pesta Gondang Naposo Sebagai Pelestarian Budaya

Pesta Gondang Naposo di dua desaKabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (9/92023).

TOBA, MHPemerintah Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara diwakili Wakil Bupati Tonny M Simanjuntak, menghadiri Pesta Gondang Naposo di dua desa, Sabtu (9/92023).

Pesta Gondang Naposo yang dihadiri pemerintah daerah itu masing-masing digelar Persatuan Muda-mudi Sibadihon (Permisi) di Desa Sibagihon, Kecamatan Bonatualunasi dan Pesta Gondang Naposo di Desa Jonggimanulus, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba.

Tonny M Simanjuntak mengatakan, kegiatan budaya Gondang Naposo kini sudah terbilang jarang dilaksanakan, bahkan di beberapa kecamatan, kegiatan budaya gondang naposo tidak pernah lagi dilaksanakan.

"Di daerah Kecamatan Balige-Tampahan, pesta budaya seperti ini tidak pernah lagi dilaksanakan. Tetapi di Kecamatan Parmaksian, Porsea, Bonatualunasi dan beberapa kecamatan lain masih sangat sering digelar," ucapnya.

Menurut Wabup Tonny Simanjuntak, pemerintah Kabupaten Toba sangat berterimakasih kepada para pemuda yang sampai saat ini masih menjaga dan melestarikan gondang naposo meski konteksnya dalam bentuk hiburan.

"Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Toba sangat berterimakasih kepada anak-anak muda di desa ini karena sampai sekarang masih melestarikan budaya kita, pungkas Wabup. (MH/J24/S24/Red).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar