Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Kopi Asal Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara Masuk 20 Besar KKSI XV Tahun 2023

Warung Kopi Samosir Sinergy.

PANGURURAN, MH - Kopi asal Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara berhasil masuk dalam 20 besar dari 120 sampel kopi dengan kategori Arabika Wash pada Kontes Kopi Spesialti ke-15 tahun 2023. Kontes yang dilaksanakan oleh Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia.

Hal ini diumumkan pada akun media sosial (Instagram) resmi Kontes Kopi Spesialti Indonesia, Sabtu (14/12023). “Demikian kami mengumumkan sampel kopi yang lolos ke babak selanjutnya sebanyak 20 sampel masing-masing kategori yang telah melalui babak penyisihan yang sangat panjang dan ketat dilakukan oleh Tim Cupping dari @puslitkoka_id,” tulis pada akun tersebut.


Selain itu, pada akun juga tertulis ucapan selamat kepada petani yang lolos ke babak 20 besar di Jakarta. “Dan untuk yang tahun ini belum lolos tetap semangat memperbaiki kualitas dan kuantitas biji kopi indonesia melalui bahan tanam unggul, Budidaya sesuai GAP, dan Penanganan pasca panen yang baik,” tulis akun tersebut.

Adapun sampel kopi asal Kabupaten Samosir yang masuk 20 besar yakni Mantua Sinaga dari Kelompok Tani Setia dan Oliver Dohar Alexander Simbolon dari Komunitas Samosir Coffee Synergy.

Kepada Waspada Online, Oliver Dohar Alexander Simbolon saat ditemui di Warung Kopi Synergy miliknya di hari yang sama, mengatakan bahwa dirinya telah mengikuti kontes dari tahun 2020.

“Tapi baru tahun 2022 masuk dalam 15 besar, dan tidak masuk dalam 5 besar. Nah tahun ini, puji Tuhan, bisa masuk dalam 20 besar untuk kategori Arabika Wash,” ujar Oliver Simbolon.

Ia menyebut, untuk kontes tahun 2023 ini dirinya lebih mempersiapkan sampel yang dikirimkan. Oliver mengatakan, dirinya mengirimkan sampel untuk 2 kategori, yakni Arabika Natural dan Arabika Wash. “Dan yang masuk 20 besar hanya untuk kategori Arabika Wash. Semoga tahun ini bisa masuk dalam kategori 5 besar,” harapnya. (MH/J24/S24/Red/FS).

                    

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar