Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Pdt. Maulinus UW Siregar, M.Th Buka Rapat Pendeta Hatopan (RPH) HKBP Di Jetun Silangit

Barisan Prosesi Ketua RPH HKBP Pdt Maulinus U.W Siregar, M.Th (kiri No: 1) dan Ephorus HKBP Pdt. Dr. Robinson Butarbutar (kiri No: 2).

Siborongborong, MH - Ketua Rapat Pendeta (KRP), Pdt Maulinus U.W Siregar, M.Th membuka Rapat Pendeta Hatopan (RPH) Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di Perkampungan Pemuda HKBP Jetun Silangit Desa Pohon Tonga Kecamatan Siborongborong Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Provinsi Sumatera Utara Selasa, 17/10/2023.

Perkampungan Pemuda HKBP Jetun Silangit seluas 24 ha tersebut telah memiliki fasilitas seperti 1. Conferensi Hall berkapasitas 2.500 orang, Balerong 1 berkapasitas 100 orang, Balerong 2 berkapasitas 200 orang serta peternakan lembu sebagai bagian dari Holistic Integrated Farming.

Pembukaan RPH itu dilakukan setelah dipastikan peserta rapat sudah korum dan setelah menerima palu sidang dari peserta yang diwakili Ephorus Pdt Dr Robinson Butarbutar.

Terlihat para pendeta penuh keceriaan berjumpa satu sama lain. Pendeta HKBP memperlihatkan persaudaraan utuh (parhahamaranggion) dalam perjumpaannya dengan sesama rekannya pendeta.

Seluruh pendeta seragam memakai pakaian colar warna hitam (Baju Parhobas Pendeta) untuk mengikuti ibadah pembukaan RPH HKBP.

Menurut informasi dari panitia bahwa, pendeta HKBP mau memperlihatkan kepada jemaat, masyarakat dan dunia adalah satu kekeluargaan dan satu hati dalam ketaatan untuk melaksanakan tugas panggilan di bumi.

Ibadah pembukaan RPH itu juga dilayani oleh Kepala Biro Ibadah-Musik, Pdt Rostetti Lumbantobing, S.Th sebagai liturgis dan khotbah disampaikan oleh Wakil Sekretaris Umum Pdt. Krise Anki Gosal.

Dalam khotbahnya, Pdt Krise menegaskan, bahwa Tuhan itu baik pada semua orang sesuai dengan tema RPH bahwa, "HKBP Proaktif Menghadirkan Kebaikan Allah Bagi Semua" (Matius 5: 45).

Di dalam ibadah, Ketua KRP Pdt. Maulinus UW Siregar, M.Th memimpin ibadah untuk mengenang para pendeta HKBP yang telah meninggal dunia selama periode 2021-2023.

Peserta rapat dengan para undangan yang hadir juga secara bersama dan dalam kesungguhan hati menerima Perjamuan Kudus yang dilayani dua puluhan pendeta.

Hadir juga dalam rapat itu, Kapok Sahli Pangdam I/BB Brigjen TNI David Hatigoran Hutagaol, Dirjen Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama RI Dr. Jeane Marie Tulung, S.Th, M.Pd, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor.

Kemudian, Pj Bupati Tapteng Elfin Elyas Nainggolan, mewakili Bupati Taput Asisten Pemerintahan dan Kesra Bahal Simanjuntak dan 2000-an Pendeta HKBP dari seluruh wilayah pelayanan HKBP di Indonesia dan luar negeri.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor mengucapkan selamat dan sukses atas pelaksanaan RPH HKBP yang akan berlangsung selama 5 hari (16-20 Oktober 2023). Kiranya dalam rapat Pendeta HKBP membawa berkat bagi bangsa dan negara dan Tuhan memberkati dalam memberikan tugas-tugas pelayanan terkhusus di HKBP.

Dalam kesempatan itu Bupati Humbahas memaparkan program-program pembangunan di Kabupaten Humbahas dimana Presiden RI Jokowi memprogramkan Food Estate dan hasilnya sudah dirasakan masyarakat.

Dikatakannya, program Food Estate atau yang dikenal lumbung pangan merupakan kebijakan pemerintah yang memiliki konsep pengembangan pangan secara terintegrasi. Bahkan kebijakan yang digagas Presiden Jokowi itu sudah menjadi salah satu kebijakan yang masuk dalam program strategis nasional.

Terkait dengan stunting lanjutnya, bahwa Pemerintah Kabupaten Humbahas menggandeng seluruh elemen masyarakat termasuk para pendeta untuk sama-sama menurunkan angka stunting.

"Stunting di Humbahas 8,4 %, sama-sama semua turun ke bawah, mana-mana yang perlu ditangani, karena mereka sebagai generasi penerus," ucapnya.

Dalam bidang pendidikan, Kabupaten Humbang Hasundutan merupakan salah satu kabupaten di Indonesia yang menjadi pusat metode pembelajaran matematika dengan menerapkan metode gasing (gampang, asik dan menyenangkan).

"Program ini telah menjadi perhatian dari pemerintah pusat, sehingga sangat berdampak terhadap anak didik yang semakin mudah dalam pembelajaran matematika," ujarnya.

Begitu juga dengan pertanaman jagung. Bupati menyebut, jagung sudah menjadi primadona dan mendongkrak perekonomian masyarakat di Humbahas. Bertanam jagung, modal murah dan harga cenderung meningkat.

Dalam RPH tahun 2023 itu, Ephorus HKBP juga menyampaikan bimbingan pastoral. RPH mengambil tema, "HKBP Proaktif Menghadirkan Kebaikan Allah Bagi Semua" (Matius 5:45) dengan subtema "Pendeta HKBP berkomitmen memperbaharui diri untuk profesional menghadirkan kebaikan Allah dalam semua aras pelayanan HKBP tanpa diskriminatif dan rasis". pungkas Ephorus. (MH/J24/S24/Red/Fendi Sinabutar).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar