Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Polres Samosir Gelar Rapat Koordinasi Bahas Persiapan Pengamanan Pemilu Tahun 2024

Usai Rapat Poto Bersama.

SAMOSIR, MH - Polres Samosir menggelar rapat koordinasi (Rakor) lintas sektoral dalam rangka persiapan pengamanan Pemilu tahun 2023-2024, yang berlangsung di Aula Wira Pinandita Mako Polres Samosir Provinsi Sumatera Utara Senin, (16/10/2023).

Rakor yang dipimpin Kapolres Samosir, AKBP Yogie Hardiman, SH, SIK, MH itu dihadiri Plh Ketua KPU Kabupaten Samosir Robinsar Junedi Barus dan Ketua Bawaslu Kabupaten Samosir Robinson Simarmata.

Sedangkan Dandim 0210/TU diwakili Pabung Kapten G Sebayang, Kejari Samosir diwakili Kasi Intel Richard Simaremare, Bupati Samosir diwakili Asisten I Pemkab Samosir Tunggul Sinaga, Kakan Kesbangpol Dumosch Pandiangan, para Kapolsek, para camat dan Danramil.

Kapolres Samosir, AKBP Yogie Hardiman di awal rapat menjelaskan, pertemuan itu untuk mencapai persamaan persepsi antara Forkopimda dan stakeholder dalam upaya menciptakan Pemilu tahun 2024 yang aman dan damai di wilayah hukum Polres Samosir. Ia juga menekankan pentingnya keterlibatan seluruh pihak terkait dalam pengamanan Pemilu.

Asisten I Pemerintah Kabupaten Samosir, Tunggul Sinaga dalam Rakor itu mengatakan Pemkab Samosir siap memberikan dukungan dan bantuan kepada Polres Samosir serta seluruh pemangku kepentingan demi kelancaran Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Samosir.

Sementara itu, Pabung Kodim 0210/TU Kapten G Sebayang mengatakan, TNI siap memberi bantuan personil dari Batalyon ke setiap Koramil jajaran Kodim 0210/TU untuk mendukung pengamanan Pemilu 2024 di Kabupaten Samosir.

Kasi Intel Kejari Samosir Richard Simaremare mengingatkan agar tidak terlibat dalam pelanggaran Pemilu dan pengawasan money politics.

Kabag Ops Polres Samosir, Kompol M Hasan, SH, MH memaparkan berbagai aspek terkait operasi pengamanan Pemilu 2023-2024, termasuk time line operasi, target operasi, cara bertindak masing-masing satgas, pengamanan di tempat pemungutan suara (TPS) dan simulasi pengamanan yang akan dilakukan menjelang Pemilu.

Kakan Kesbangpol Dumosch Pandiangan memaparkan, peran pemerintah pusat dan Pemkab Kabupaten Samosir memberikan pendidikan politik, dukungan anggaran, sumber daya manusia, dan faktor pendukung sukses Pemilu.

Sedangkan Plh Ketua KPU Kabupaten Samosir Robinsar Junedi Barus menjelaskan dasar hukum pelaksanaan Pemilu 2024, tahapan dan jadwal Pemilu, serta terkait dana kampanye.

Ketua Bawaslu Kabupaten Samosir Robinson Simarmata menjelaskan, prinsip penyelenggaraan Pemilu yang berintegritas, peserta Pemilu yang kompetitif, pelarangan politik identitas dan money politica serta penggunaan media sosial yang bijak dan netralitas ASN.

Dengan adanya kordinasi tersebut dapat disimpulkan bahwa keseluruhan menggarisbawahi komitmen semua pihak dalam menjaga keamanan dan integritas Pemilu 2024 di Kabupaten Samosir. (MH/J24/S24/Red/FS).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar