Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Prof. Dr. Dompak MT. Napitupulu, M.Sc Berikan Motivasi Belajar Dan Bekerja Pemuda Zaman Now Di Retreat Remaja HKBP Jambi


Poto Bersama Dengan Panitia No; 3 dari Kanan: Prof. Dr. Dompak MT. Napitupulu, M.Sc Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Jambi.

JAMBI, MH -
Setelah mengikuti beberapa materi seminar dengan narasumber yang handal yaitu 1. Etika Pergaulan dan Wawasan Kebangsaan oleh AKBP. Dr. Dadang Djoko Karyanto, S.IP, SH, MH Kasubdit Bintibsos Ditbinmas Polda Jambi, Bahaya Narkoba oleh Verawati, S.Sos.I Sub Koordinator Pencegahan Bidang P2M BNN Provinsi Jambi.

Selanjutnya Berakar, Bertumbuh dan Berbuah oleh Pdt. Marietta FJ. Simanjuntak, S.Th, MA, M.Th dan Tanggungjawab Bergereja oleh Pdt. Pestanatalia Silaen, S.Th, MA, hari terakhir seminar Motivasi Belajar dan Bekerja Pemuda Zaman Now pemateri yang handal Prof. Dr. Dompak MT. Napitupulu, M.Sc Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Jambi.

Prof. Dr. Dompak MT. Napitupulu, M.Sc sebelum memberikan materi terhadap Retreat Remaja, terlebih dahulu memperkenalkan diri dan anak mantu mantunya yang boru Lumbantobing. Dikisahkan juga ketika di kampung semasa SD dan SMP dia membantu orangtua bertani dan menggembala kerbau.

Diawal pembicaraanya sebagai pemateri dan memberikan bimbingan maupun arahan Prof. .mengatakan kepada peserta Retreat Remaja, "Isilah waktu luangmu dengan melakukan hal - hal yang bermamfaat bagi dirimu ataupun orang lain".

Dikatakan maksimalkan waktu mudamu dengan baik agar memiliki masa depan yang cerah. Dituturkan Dompak bahwa usia muda tentu saja menjadi masa emas bagi yang memilikinya. Jika sedang berada di usia muda kamu harus bisa memaksimalkan waktu supaya memiliki masa yang cerah, tekunlah belajar dan giatlah bekerja, ujar alumni SMA Kristen Malang ini.

Prof. Dr. Dompak MT. Napitupulu, M.Sc Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Jambi.

Ketika memberikan arahan dan bimbingan maupun motivasi kepada peserta retreat Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Jambi ini selalu mengutip Firman Tuhan ayat - ayat dari Alkitab seperti Mazmur 55: 23, "Serahkanlah kuatirmu pada Tuhan, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama - lamanya dibiarkanNya orang benar goyah.

Lebih lanjut dikatakan agar peserta retreat remaja ini memilih metode belajar yang tepat, mamfaatkan media untuk belajar, evaluasi hasil pembelajaran, ciptakan suasana belajar yang menyenangkan, ciptakan persaingan dan kerjasama dan yang paling utama bergaullah dengan benar, ungkap alumni Universitas Brawijaya Malang ini.

Prof. Dr. Dompak MT. Napitupulu, M.Sc bersama Pdt. Pestanatalia Silaen, S.Th, MA.

Dituturkan alumni S2 University of Kentucky Amerika Serikat ini bahwa mamfaat media untuk belajar adalah baik, tapi belajar dari media itu hal - hal yang positif yang sifatnya membangun dan tidak bertentangan dengan Firman Tuhan dan jangan biarkan dia berlalu seperti yang tertulis 1 Korintus 10:11 Aku menjawab: Jika engkau makan dan jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuaitu untuk kemuliaan Allah, ujarnya.

Menurut alumni S3 Universitas Brawijaya Malang ini, agar dapat memperolah prestasi yang mumpuni, maka peserta retreat dianjurkan ciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan belajar tidak hanya di ruangan sekaligus hindari menonton yang menjemukan, hal inipun dikutip dalam Firman Tuhan, Amsal 9:9 Berilah orang bijak nasehat, maka ia akan menjadi lebih bijak, ajarilah orang benar, maka pengetahuannya akan bertambah.

Prof. Dr. Dompak MT. Napitupulu, M.Sc bersama anak dan mantunya.

Diarahkan juga agar peserta retreat bergaul dengan benar, karena pergaulan sangat mempengaruhi jalan hidup seseorang, pergaulan dapat membentuk karakter seseorang, seperti tertulis dalam Amsal 13:20,"Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang.

Dikatakan Dompak boleh bergaul dengan orang di luar kepercayaan kita, namun punya batas - batas tertentu dan  saling menghormati, junjung toleransi dan pegang teguh keyakinanmu, karena Firman Tuhan dalam Yohanes 10:9, "Akulah pintu, barang siapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput". 

Akhirnya Prof.Dr. Dompak MT. Napitupulu, M.Sc memberikan semangat bahwa mereka adalah generasi penerus bangsa termasuk generasi gereja, untuk itu jangan tunggu sampai besok susun langkah mulai sekarang gapai cita - citamu dengan belajar tekun dan bekerja dengan giat, Profesor juga mengutip dari Firman Tuhan Pengkotbah 7:1, "Nama yang harum lebih baik dari pada minyak yang mahal dan hari kematian lebih baik dari pada hari kelahiran. (MH/J24/S24/Fendi Sinabutar).


Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar