Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Bupati Kabupaten Samosir Vandiko Gultom Launching Bantuan Pangan Pemerintah Pusat Untuk Samosir

Bupati Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara Vandiko T Gultom, ST saat memberikan arahan.

SAMOSIR, MH - Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom, me-launching penyaluran cadangan beras sebagai bantuan pangan pemerintah pusat untuk mencegah kemiskinan ekstrem. Acara launching itu dilakukan di Kantor Pos Pangururan, Senin (5/2/2024).

Penyerahan bantuan beras tersebut dilakukan secara simbolis kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari tiga Desa di Kecamatan Pangururan yakni Desa Sait nihuta, Desa Lumban Pinggol dan Desa Parlondut.

Dalam sambutanya Vandiko Gultom, mengharapkan bantuan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, sesuai harapan pemerintah untuk mencegah kemiskinan ekstrem. Secara keseluruhan, untuk Tahun 2024 Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara mendapat alokasi untuk 12.708 keluarga penerima manfaat, untuk Kecamatan Pangururan ada sebanyak 2.156 penerima.

Selanjutnya, Vandiko menjelaskan bahwa bantuan ini merupakan program Presiden Joko Widodo untuk mengurangi beban masyarakat di saat terjadinya kenaikan harga beras yang diakibatkan cuaca ekstrim yaitu fenomena El Nino yang melanda sebagian wilayah Indonesia.

Sebelumnya, Kepala Kantor Pos Balige Harrys JM Manik mengatakan Kantor Pos kembali dipercaya pemerintah melalui Bulog sebagai transporter penyaluran bantuan cadangan beras dari Presiden Jokowi.

“Penyaluran hari ini merupakan penyaluran tahap pertama untuk Januari 2024,” ungkap Harrys JM Manik.

Harrys juga menyampaikan untuk tahun 2024, di Kabupaten Samosir ada 12.708 KPM yang akan mendapat bantuan beras selama Januari sampai Juni 2024. "Setelah launching ini, kami akan salurkan bantuan serupa di seluruh Kantor Pos di wilayah Samosir dan akan kami maksimalkan tuntas sebelum libur", ujar Harrys.

Sementara itu, Kepala Bulog Cabang Pematang Siantar melalui Asisten Manager SCCP Pensius Siburian menjelaskan setiap keluarga penerima manfaat akan mendapatkan 10 kg beras. Bantuan ini diharapakan juga bisa memicu menurunkan harga beras yang saat ini masih mahal di pasaran.

"Kami pastikan beras yang kami salurkan adalah yang berkualitas baik. Apabila bapak dan ibu mendapat bantuan yang tidak baik atau kemasannya rusak, segera kembalikan dan akan kami ganti", katanya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Pabung Kodim 0210/TU, Kapten G Sebayang, Kepala Kantor Pos Cabang Pangururan Raymon Silaen, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Sosial PMD, Kepala Dinas P3AP2KB, Kaban Kesbangpol, Dinas Ketapang dan Pertanian, Camat Pangururan, Kepala Desa Parlondut, Saitnihuta dan Lumban Pinggol, serta masayarakat penerima bantuan. (MH/J24/S24/FS).





Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar