Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Gerimis Sambut Kedatangan Kadep Marturia HKBP Pdt Daniel TA Harahap, M.Th Di Pesta Jubileum Ke 75 Tahun HKBP Jambi

Kiri: Pdt HB Lumbantobing, S.Th Praeses HKBP Distrik XXV Jambi, Pdt Daniel Taruli Asi Harahap, M.Th Kepala Departemen Marturia HKBP dan Pdt Edward Aritonang Pimpinan Jemaat HKBP Jambi.

Jambi, MH - Pesta Puncak Perayaan Jubileum ke 75 tahun HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi diadakan Minggu (3/3/2024). Perayaan Jubileum ini disambut segenap jemaat HKBP Jambi dengan penuh sukacita. Sebelum acara di mulai terlebih dahulu diadakan barisan prosesi dari kawasan Gedung Asini Roha Kota Baru Jambi menuju Gereja HKBP Jambi.

Dari pagi cuaca Kota Jambi diselimuti cuara mendung dan gerimis turun, panitia Pesta Jubileum ke 75 tahun HKBP Jambi, segenap pelayan dan jemaat maupun Anak Sekolah Minggu menunggu kedatangan Kepala Departemen Martua HKBP Pdt Daniel TA Harahap, M.Th.

Ketika turun dari mobil Kadep tersebut disambut dengan penuh sukacita, yang walaupun gerimis turun namun suami dr Martha Saulina br Siregar, Sp.KK tersebut lari-lari kecil menuju Gedung Asini Roha II, biarlah turunnya gerimis tersebut membawa berkat bagi jemaat HKBP Jambi yang sedang berjubileum.

Klik 👉https://www.majalahholong-online.com/2023/02/pdt-edward-aritonang-sth-lantik-panitia.html 

Klik 👉https://www.majalahholong-online.com/2024/03/pdt-daniel-ta-harahap-mth-pimpin-ibadah.html

Sebelum barisan prosesi dimulai, diawali dengan Doa oleh Pdt HB Lumbantobing, S.Th Praeses HKBP Distrik XXV Jambi, merekapun berangkat berjalan menuju Gereja HKBP Jambi, dengan sigapnya staff Kadep tersebut memayunginya.

Walupun gerimis turun, namun terlihat Anak Sekolah Minggu dengan penuh semangat dan gembira lengkap pakaian ulos menyanyikan lagu-lagu pujian diiringi dengan musik tiup. Di gerbang Gereja HKBP Jambi Anak Sekolah Minggu telah siap untuk mengalungi Kadep Marturia dan memberikan bunga pangku kepada istri dan Praeses Distrik XXV Jambi dan istri.

Selanjutnya diadakan pelepasan burung merpati dan pelepasan balon, dengan serempak tanpa komando jemaat bertepuk tangan bersama pertanda sukacita menyelimuti keberadaan mereka menyambut Jubileum ke 75 tahun HKBP Jambi.

Diawali dengan ibadah dipimpin langsung oleh Pdt Daniel TA Harahap, M.Th mengambil Naats dari Psalmen 19:8-15 dengan liturgis 1. Pdt Ramses Sitompul, 2. Pdt Pestanatalia Silaen, S.Th, MA dan 3. Pdt Martin Sirait, S.Si. Teol, warta disampaikan Bvr T br Nadapdap, Organis Diny Sinabutar, Pianis Irene Simanungkalit, Serulin David Sihotang, Bassis Agri Sitompul, Tagading Jeremy Simatupang, Drummer Salomo, Musik Tiup Dedo Sinaga dan Irvan Siburian.

Sejarah singkat berdirinya HKBP Jambi dibacakan St PSP Sihombing. Selama ibadah berlangsung lagu - lagu pujian mereka nyanyikan bersama, tak ketinggalan Koor Bina Vocalia dan Koor Gabungan “Mars HKBP Jambi.”

Dalam arahannya Pdt Daniel TA Harahap ketika didaulat memberikan kata sambutan, menyatakan Selamat Pesta Jubileum ke 75 tahun HKBP Jambi. Berjubileum berarti kita bersukacita atau marlas ni roha. HKBP merupakan gereja terbesar di Indonesia, namun ketika diadakan penelitian warganya belum sepenuhnya mengikuti ibadah setiap Minggu.

Dikatakan suami dr Marta Saulina Siregar, Sp.KK ini, “Data terbaru HKBP tahun ini yang rutin atau rajin mengikuti ibadah ke Gereja HKBP setiap hari Minggu hanya 35% dari data rata-rata secara Nasional, hal ini menunjukkan bahwa jemaat HKBP belum maksimal mengikuti ibadah setiap hari Minggu, ” ujarnya.

Selanjutnya dituturkan, bahwa ada juga Gereja HKBP yang tingkat kehadirannya mengikuti ibadah setiap hari Minggu di antara 50% dan 60%, di Gereja HKBP Jambi ini diharapkan  tingkat kehadiran  ibadah setiap Minggu di atas 70%, ungkapnya dengan nada senyum.

Alumni STT Jakarta ini mengucapkan terima kasih bahwa HKBP Jambi dalam Sentralisasi Pengelolaan Keuangan menyumban yang ke 20 dari seluruh HKBP, hal ini dilakukan agar seluruh Pendeta yang ditempatkan di pelosok Tanah Air mendapat hak yang sama, artinya HKBP yang besar dapat menyumbang gereja yang kecil di pelosok, ujar Pdt HKBP yang pertama membuat renungan di Weblog ini.

PT Eldivo Tunas Arta (ETA) Jambi - Pematang Siantar (Provinsi Sumatera Utara) dan Pematang Siantar - Jambi Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Seiring dengan Program Sentralisasi Pengelolaan Keuangan, HKBP kini mengembangkan Zending (pekabaran injil) ke Luar Negeri, sebanyak 12 orang Pendeta muda akan di kirim menjadi misionaris ke Afrika, pada tanggal 30/6/2024 ke 12 Pendeta misionaris tersebut berangkat semua perongkosan dan biaya hidup di selama di Afrika ditanggung oleh HKBP, sebut alumni S2 STT Jakarta ini.

Mantan Pimpinan Jemaat HKBP Resort Kota Tangerang Distrik XXI  ini menyatakan bahwa itulah salah satu buah Sentralisasi Pengelolaan Keuangan dan transformasi HKBP, ungkap penulis buku Doa - Doa Pengampunan Dosa ini.

Pdt Daniel TA Harahap menyarankan agar ruangan,  pekarangan, kiri kanan, depan dan belakang  gereja ini tetap dijaga kebersihannya, sehingga jemaat nyaman untuk beribadah. Dan buatlah suasana di HKBP ini menjadi gembira, rilek, lembut dan damai, ujar pria kelahiran Sei Merah Medan ini.

Mantan Pimpinan Jemaat HKBP Ressort Balikpapan Baru Kalimantan Timur Distrik Borneo ini menyematkan ulos kepada Edi Purwanto, SH.I, M.Si Ketua DPRD Provinsi Jambi dan mewakili Gubernur Provinsi Jambi Bahari Pandjaitan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jambi.

Ketua Panitia Jubileum ke 75 tahun HKBP Jambi St Dr Rosinta Butarbutar, MA mengucapkan terima kasih atas kehadiran Amang Pdt Daniel TA Harahap, M.Th di Perayaan Jubileum ini. Dikatakan agar seluruh jemaat HKBP Jambi memaksimalkan kontribusi untuk pengembangan HKBP baik di Jambi maupun setoran keuangan ke Kantor Pusat.

Dosen Universitas Jambi (Unja) ini menyatakan, “Walaupun hasil Pesta Jubileum ini kita targetkan untuk keuangan pusat sekitar 55% dan 45% untuk kebutuhan HKBP Jambi, kita tetap meningkatkan kontribusi menggalang dana pelayanan melalui Perayaan Jubileum 75 tahun HKBP Jambi ini, pungkasnya. 

Turut hadir di Pesta Perayaan Jubileum ke 75 HKBP Jambi Resort Jambi Distrik XXV Jambi para Pendeta yang pernah melayani sebagai Pimpinan Jemaat di HKBP Jambi. (MH/J24/S24/Fendi Sinabutar).





































































Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar