Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara Tabur 290 Ribu Benih Ikan Nila Di Danau Toba

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara menabur benih ikan nila di perairan Danau Toba.

PANGURURAN, MH - Menanggapi banyaknya keluhan masyarakat nelayan di Kabupaten Samosir khususnya wilayah Pangururan, perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumatera Utara  menaburkan 290.000 benih ikan nila di Danau Toba tepatnya di alur Tano Ponggol dan di kawasan Pelabuhan Onanrunggu Kabupaten Samosir, Senin (1/4/2024).

Para kesempatan itu, DKP Provinsi Sumut juga mengajak serta Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Samosir Marudut Tua Sitinjak, Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas M. Sinaga dan Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Tumiur Gultom untuk sama-sama menabur benih ikan ke danau.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumatera Utara diwakili Kepala Bidang Tangkap, Jenni Sinaga mengatakan, penebaran benih ikan nila ini merupakan salah satu upaya Dinas KP Sumut untuk penambahan stok ikan tangkapan di perairan umum Danau Toba.

“Selain menambah populasi ikan tangkapan di perairan umum, program restocking itu juga untuk menjawab keluhan para nelayan tradisional yang akhir-akhir ini menurun hasil tangkapannya akibat merebaknya ikan red devil di Danau Toba,”sebut Jenni Sinaga.

Jenni juga mengatakan, bahwa pelepasan ribuan benih ikan nila ini atas permintaan dari Dinas Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir. “Maka hari ini dilakukan penaburan benih ikan nila sebanyak 290.000 ekor di dua titik yakni di kawasan alur Tano Ponggol sebanyak 150.000 ekor dan di Onan Runggu sebanyak 140.000 ekor,” ujarnya.

Sekdakab Samosir Marudut Tua Sitinjak dalam sambutannya menyebut kegiatan ini merupakan sinergitas antara Pemkab Samosir dan Pemprov Sumut. “Hendaknya kerja sama yang baik ini terus ditingkatkan demi kesejahteran para nelayan tradisional,” ucap Marudut Tua Sitinjak.

Sementara Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas M Sinaga mengapresiasi perhatian pimpinan Dinas KP Provinsi Sumut dalam mendukung kecukupan ikan nila di perairan Danau Toba, apalagi pasca ditertibkannya keramba jaring apung.“Kami berharap ke depannya dilakukan kegiatan serupa di embung dan pea yang ada di Kabupaten Samosir, Hal itu juga untuk peningkatan perekonomian masyarakat sekitar,” ungkap Pantas.Camat Pangururan, Robintang Naibaho.

Selanjutnya Robintang Naibaho juga menyampaikan terimakasih atas dipilihnya Pangururan sebagai salah satu lokasi restocking ikan nila. Ikut menabur ribuan bibit ikan nila tersebut Pabung 0210/TU G. Sebayang, Kapolres Samosir diwakili Kasat Binmas AKP H. Rajagukguk, Camat Pangururan Robintang Naibaho dan Lurah Pasar Pangururan Tiodora Manalu. (MH/J24/S24/Red/Fendi Sinabutar).


Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar