Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

DKP Provinsi Sumatera Utara Tebar 30.000 Ekor Benih Ikan Nila Di Perairan Danau Toba.

Dinas Kelautan dan Perikan Provinsi Sumatera Utara bersama Dinas Ketapang dan Pertanian kabupaten Samosir  menabur benih ikan nila sebanyak 30.000 ekor di perairan Danau Toba.

SAMOSIR, MH - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumatera Utara melalui UPTD Budidaya Ikan Air Payau dan Laut, bersama dengan Dinas Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir melakukan penaburan benih (restocking) 30.000 ekor Ikan Nila di perairan Danau Toba, tepatnya seputaran Pelabuhan Ambarita, pada Rabu (24/4/2024).

Menurut Dodianto, S.Pi Kepala Seksi Produksi UPTD Budidaya Ikan Air Payau dan Laut, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara, penaburan benih ikan nila ini merupakan agenda rutin setiap bulan yang dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan,  dalam menjaga populasi dan ketersediaan ikan di Danau Toba, yang benihnya berasal dari Puspik (Pusat Pembibitan Ikan) Ambarita.



Dikatakan bahwa DKP Provinsi Sumatera Utara melakukan penaburan benih ikan rutin di Danau Toba dengan target 300.000 ekor per tahun, ditambah dengan permintaan-permintaan lain dari Pemda, organisasi, kelompok maupun masyarakat yang memohon permintaan bibit ikan untuk ditebar di Danau Toba.

Kabid PSP dan Kesesuaian Lahan Dinas Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir SM. Manik, SP,  MM, menyampaikan apresiasi kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara, yang selama ini tetap konsisten dalam melakukan restocking di Danau Toba sebagai upaya meningkatkan produksi dan menjaga habitat ikan di perairan Danau Toba.

SM Manik berharap masyarakat sekitar agar secara bersama-sama ikut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian Danau Toba.

Kabid Perikanan Ronny Sitanggang, mengharapkan DKP Provinsi Sumatera Utara melalui Puspik Ambarita, agar restocking juga dilakukan di embung, pea/situ (danau kecil) yang berada di daratan Pulau Samosir. Selain sebagai upaya peningkatan produktifitas ikan, juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, tuturnya. (Sumber Kominfo Samosir, MH/J24/S24/Fendi Sinabutar).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar