Home » , , , , , » Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia

Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Rabu, 11 Juli 2018 | Juli 11, 2018


Kiri - Kanan: Kol Nasib Simarmata SH MSi (Ketua Umum DPP), John Wenson Saragih Simarmata ST (Ketua Panitia Pesta Bolon). Foto Kanan Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon SE MM saat Menghadiri  Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Jumat 6 Juli 2018. (Foto MH -  Fendi Sinabutar).
Samosir, MH - Suasana kebersamaan dan kekeluargaan  menghiasi Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara selama tiga hari berturut-turut (5-6-7 Juli 2018).

Pada Pesta Bolon Jum'at 6 Juli 2019 mereka  menyambut kedatangan rombongan Hula-Hula marga Limbong Sihole. Dengan somba marhula-hula mereka menyambut  penuh hormat, terlihat Ketua Umum DPP Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata dohot Boruna Se Indonesia Kol. Nasib Simarmata, SH MSi bersama istri dan Ketua Pesta Bolon John Wenson Saragih Simarmata, ST bersama istri  dan didampingi pengurus yang lain.

Dengan penuh hormat  dan somba marhula-hula mereka menyambut kedatangan rombongan Hula-Hula marga Limbong Sihole,  dengan tortor yang diiringi  Musik Tradisional Batak “Gondang Sabangunan” pimpinan Manik.

Penyambutan Hula-Hula marga Limbong Sihole diadakan di depan Makam Tugu Ompu Simataraja Raja Simarmata dan Istri Lahatma boru Limbong Sihole. Penyambutan Hula-Hula ini berlangsung meriah, penuh suka cita dibarengi dengan rasa  kekeluargaan.
Acara menyambut kedatangan rombongan Hula-Hula marga Limbong Sihole,  dengan tortor yang diiringi  Musik Tradisional Batak “Gondang Sabangunan”. (Foto MH - Fendi Sinabutar).
Marsombu Sihol

Sebaliknya rombongan Hula-Hulapun dapat mengayomi  pihak Boru, dengan elek marboru mereka  menyematkan ulos kepada pihak boru  pertanda tali persaudaraan tetap terjalin  dengan baik dan menyatu di antara pihak Hula-Hula dan pihak Boru. Pelaksanaan harmoni Adat Budaya Batak  Dalihan Na Tolu di dalam kegiatan Pesta Bolon ini dapat terlaksana dengan baik. 

Umpasa-umpasa dalam acara ini disampaikan pihak Hula-Hula maupun pihak boru Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata yang pada  hakekatnya tetap bermuara atas kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa. Suasana kebahagiaan dan kekeluargaan menyatu di antara mereka,  manortor bersama dengan penuh suka cita sembari saling mangolopi.

  
Suasana Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Jumat 6 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).
Acara ini sangat meriah dan semarak  yang dihadiri ribuan orang Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata,Boru, Bere maupun Ibebere yang datang perwakilan dari seluruh penjuru pelosok Tanah Air Indonesia. Pesta Bolon ini dirangkai dengan ajang silaturahmi atau “Marsombu Sihol”. 

Terlihat di antara mereka ketika bertemu saling jabat tangan, tegur sapa, peluk cium, berangkulan dan saling kenal, kebahagiaan mewarnai pertemuan mereka. Acara ini pun dapat diapresiasi dan sangat luar biasa.

Setelah acara penyambutan Hula-Hula marga Limbong Sihole, mereka menyambut kedatangan rombongan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Samosir. Dalam sambutannya Bupati Kabupaten Samosir Drs Rapidin Simbolon, SE MM  menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan Pesta Bolon ini, karena Pesta Bolon ini menjadi salah satu pembangunan yang nyata bagi Pemerintah Kabupaten Samosir, ujarnya dengan nada senang.


Baca juga : http://www.majalahholong-online.com/2018/07/pembukaan-pesta-bolon-ompu-simatara.html

Lebih lanjut dikatakan pebisnis Gas di Jakarta  sebelum terjun ke dunia politik ini, bahwa Pemerintah Kabupaten Samosir sangat mendukung kegiatan Pesta Bolon ini.  Suami Sorta Ertaty Siahaan yang juga ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Samosir ini memberikan sumbangan ala kadarnya  melalui Pemerintah  Kabupaten Samosir  sebesar Rp 10.000.000,-( Sepuluh Juta Ribuh Rupiah). 

Bupati putra kelahiran Lumban Lintong ini  menyatakan Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata dohot Boruna Se Indonesia ini sangat luar biasa, dengan spontan Bupati mengajak semua para hadirin untuk tepuk tangan bersama,,,, para hadirinpun menyambut dengan penuh antusias dan tepuk tangan membahana.

Perbaikan Jalan Menuju Aek Sigornang

Selanjutnya Bupati menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Samosir sekarang lagi berbenah untuk pembangunan di sektor pariwisata, untuk mendukungan pariwisata ini Pemerintah Kabupaten Samosir mengadakan pembangunan 2 (dua ) buah lokasi pelabuhan  yaitu daerah Ambarita dan Simanindo. 


Selanjutnya membuat kapal Feri sebanyak 4 (empat) buah dan prasarana pembangunan jembatan yang bertarap Internasional dan  pengerjaan pengerukan Tano Ponggol dengan luas 6 meter, ungkapnya dengan nada optimis.

Untuk lebih mengakrapkan suasana antara Bupati Rapidin Simbolon dan seluruh Pomparan  Ompu Simataraja Raja Simarmata yang hadir pada pesta tersebut, alumni Universitas Negeri Medan  tahun 1990 ini menganjurkan  "Apa permintaan  Bapa dan  Ibu yang dapat kami kerjakan di daerah  kita ini?"  pungkasnya dengan nada bertanya. 

Dengan rasa gembira sembari bahagia seluruh Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata yang hadir di Pesta tersebut menyambut dengan senang dan menyampaikan  permintaan  agar jalan menuju  "Aek Sigornang  Sihusapi" dapat diperbaiki, dengan lebar jalan 6 (enam) meter. 


Karena lokasi tersebut  merupakan Aek (Air) yang pertama kali di buat Ompu Simataraja Raja Simarmata dan akan menjadi "Daerah Tujuan Wisata" nantinya, ungkap mereka dengan penuh harap. Hal inipun disanggupi Bupati Rapidin Simbolon dengan pengerjaannya di mulai Tahun Anggaran 2019. 

Peristiwa tragedi tenggelamnya Kapal Sinar Bangun beberapa minggu yang lalu. Bupati mengucapkan, kami segenap Pemerintah Kabupaten Samosir turut berduka cita  yang sedalam-dalamnya, kiranya keluarga yang ditinggal dapat tabah dan Tuhan Yesus memberikan kekuatan dan  ketabahan  kepada keluarga yang ditinggal, ujarnya dengan penuh prihatin.

Manortor Bersama

Bagi Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata yang turut menjadi  korban dalam peristiwa  tersebut Pemerintah Kabupaten Samosir memberikan bantuan melalui lintas SKPD dan "Sipir ni Tondi" dari Pemerintah Kabupaten Samosir. 


Bantuan tersebut diberikan  kepada perwakilan keluarga. Bupati juga menyatakan bagi anak korban yang ditinggal dan masih dalam pendidikan akan diberikan beasiswa.

Bupati  yang di kenal masyarakat Samosir sebagai pemimpin bersahabat ini, sangat mengapresiasi kepada Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata, karena sehari sebelum acara Pesta Bolon ini dilaksanakan, telah mengadakan Doa Solidaritas atau Keprihatinan dan tabur bunga sekaligus mengadakan ibadah singkat di lokasi tenggelamnya kapal Sinar Bangun tersebut. 


Ibadah  dipimpin langsung Ephorus HKBP (Emeritus) Pdt Willem TP Simarmata, MA. Sementara liturgis dan doa syafaat disampaikan Pdt. R Lbn Gaol, STh yang sehari-hari melayani di HKBP Lumban Suhi sebagai Pendeta Resort.

Ketua Umum DPP dan Ketua Pesta Bolon mengucapkan terima kasih atas perhatian  dan kedatangan Bupati sekaligus memberikan sumbangan, dan pengerjaan jalan menuju ke Aek Sigornang Sihusapi pada tahun Anggaran 2019. 


Biarlah sumbangan tersebut  menjadi berkat bagi seluruh Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata dimanapun berada, ungkap Ketua Umum DPP Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata se Indonesia ini dengan diplomatis. 

Ketua Umum DPP  Kol. Nasib Simarmata, SE MSi didampingi Ketua Pesta Bolon John Wenson Saragih Simarmata, ST memberikan tanda mata sebagai kenang-kenangan kepada Bupati.
Tortor Sombah dari Etnis Simalungun Saat Menyambut Para Tamu Agung di Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara  Jumat 6 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).
Acarapun dilanjutkan dengan manortor bersama dengan perwakilan setiap Kabupaten, Kota  se  Indonesia. Merekapun manortor bersama dengan penuh suka cita sembari menyerahkan tumpaknya kepada Panitia Pesta Bolon. 

Berjam-jam lamanya mereka manortor mengikuti irama musik Gondang Sabangunan tidak merasa lelah, akan tetapi semakin larut dalam  suasana kegembiraan.

Diselah-selah acara berlangsung Ketua Umum DPP Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata ( Periode tahun 2016 s/d tahun 2021)  Kol. Nasib Simarmata, SH,MSi didampingi Sekretaris Jenderal Ir Razat Simarmata memberikan penghargaan berbentuk cindra mata kepada mantan Ketua Umum Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata dohot Boruna  Se Indonesia : 


1. Alm. Op. Marcedes Simarmata/ Katrina br Manik  (Periode tahun 1973 s/d 1986), 2. MO Simarmata  ( Periode tahun 1986 s/d tahun 1991 ) 3. OH Simarmata, SH ( Periode tahun 1991 s/d tahun 1993) 4. Drs WP Simarmata ( Periode tahun 1993 s/d tahun 1998 dan tahun 1998 s/d tahun 2002) 5. OH Simarmata,SH  ( Periode tahun 2002 s/d tahun 2008 dan tahun 2008 s/d tahun 2012), 6. Drs. GLS Simarmata,MM (Periode tahun 2012 s/d tahun 2016. 

Bersama dan Bersatu

Rasa kekeluargaan dan persaudaraan menyatu di antara mereka baik yang tinggal  di Bona Pasogit maupun di yang datang dari Tano Parserahan. Kiranya  Pesta Bolon ini menjadi awal kesepakatan bersama bagi mereka untuk mewujudkan motto “Bersama Kita Bisa dan Bersatu Kita Hebat”  sebagaimana Visi dan Misi Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata dohot Boruna Se Indonesia yang dicetuskan Ketua Umum DPP Kol. Nasip Simarmata, SH, MSi.

Kol Nasib Simarmata SH MSi (Ketua Umum DPP), John Wenson Saragih Simarmata ST (Ketua Panitia Pesta Bolon). (Foto MH - Fendi Sinabutar).
Paling seru dalam acara ini ketika rombongan yang berasal dari Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Karo. Mereka mempertonton Budaya Kabupaten Simalungun, baik tortor somba, atraksi maupun pakaian adat, sekaligus untuk musik mengiringi tarian dari Simalungun mereka  memainkan musik tradisional Simalungun dengan apik dan lagu-lagu daerah Simalungun.

Merekapun berikrar bahwa Saragih Simarmata yang ada di Kabupaten Simalungun  ataupun kelahiran Simalungun yang tersebar di seluruh  wilayah Negara Republik Indonesia ataupun yang bermukim di luar Negeri, tetap marga Simarmata yang berasal dari Huta Simarmata Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara.

Hal inipun disambut para hadirin dengan penuh suka cita dibarengi dengan perasaan senang. Secara spontan hadirin mengucapkan,,,,,, Hidup Simarmata,,,!!!. Atas kegembiraan mereka menghadiri Pesta Bolon ini, mereka membawa oleh-oleh hasil pertanian yang mereka geluti selama ini,  berupa buah Jeruk sebanyak 1(satu) ton, bagi mereka yang datang ke hajatan Pesta Bolon ini turut serta mencicipi buah jeruk tersebut.


Sementara perwakilan dari Jaya Pura  Papua mereka memberikan cindra mata kepada Ketua Umum DPP  berupa sebuah pinggan bulat yang bahannya terbuat dari keramik.
Artis Batak Legendaris Willy Silalahi (Personil Trio Frienship, Trio Lasidos Plus, Axsido Trio dan Axi Trio) hadir untuk menghibur Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara  Jumat 6 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).
Pada hari terakhir Sabtu, 7 Juli 2018 Panitia Pesta Bolon  masih menyambut perwakilan dari beberapa daerah dalam tortor. Diawali dengan tortor dari perwakilan Provinsi Jambi, suasana semakin meriah ketika musik Gondang Sabangunan mulai dimainkan. Mereka manortor bersama, bergembira,  rasa suka cita menyatu di antara mereka, acara ini penuh hikmat.

Semoga kemesraan yang mereka pertontonkan bersama jangan cepat berlalu. Melainkan  satu kenangan yang dapat diukir dalam sanubari Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata di manapun berada dan dapat di kenang sepanjang masa dengan harapan suasana yang sama dapat terulang kembali. Dilanjutkan dengan tortor Forgemsi ( Forum Generasi Muda Simarmata) dan pagelaran tarian  adat Budaya Batak  yang diperankan Remaja.

Malam harinya Panitia Pesta Bolon menyajikan pagelaran seni dan budaya, lagu-lagu lawas  Batak berkumandang dalam acara ini, termasuk lagu-lagu hits  dari daerah Simalungun dan Karo. Hadir dalam acara ini artis-artis Ibu Kota DKI. Pencipta lagu "Orang Ke Tiga"  yang lagi hits Gun Labero Simarmata  yang dipopulerkan Nabasa Trio turut hadir dalam acara ini.

Lagu yang  populer saat ini yang telah ditonton 8 juta lebih  Viewers yang dipublikasikan 22 Februari 2018 lewat YouTube. Willy Silalahi mantan personil Trio Frienship, Lasidos Trio, Axido Trio dan Axi Trio,  pencipta dan penyanyi legendaris  Simalungun Sarudin Saragih Simarmata, Olivia Simarmata dan artis lainnya. Lagu Mars Simarmata dinyanyikan bersama yang diciptakan Rinton Maurits Simarmata dan Pencipta dan Penyanyi Legendaris Simalungun Sarudin Saragih Simarmata.

Pantauan Majalah Holong Online di lokasi  perhelatan Pesta Bolon ini sangat luar biasa, mulai dari awal hingga berakhirnya, acara teratur demi acara dengan rapi. Ucapan salut dan bangga kepada DPP Ketua Umum Kol. Nasib Simarmata,SH MSi dan  Panitia Pesta Bolon  Ketua John Wenson Saragih Simarmata, ST beserta jajarannya terucap dari berbagai kalangan.

Atas kerja keras  mereka, dapat menghimpun  perwakilan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata dohot Boruna dari berbagai daerah seluruh Indonesia, dapat hadir dalam Pesta Bolon ini. 


Pada umumnya mereka mengharapkan Pesta Bolon ini dapat terulang kembali  di masa yang datang. Untuk Pesta Bolon tahun 2018 ini kiranya DPP dan Ketua Pesta Bolon bersama jajarannya dapat meninggalkan karya nyata di Huta Simarmata ini. 

Fasilitas berbagai kebutuhan dalam Pesta Bolon ini terpenuhi, tidak ada satu orang pun yang mengeluh tentang kebutuhan untuk makan dan minum, mulai dari serapan pagi, makan siang dan  makan malam semuanya terpenuhi. 


Sementara untuk minuman Panitia memberikan air mineral merek Le Minerale.  Parhobas  yang  telah dipersiapkan Panitia dapat melayani  dengan telaten dan penuh tanggung jawab, mereka melayani dengan penuh hati dan teratur, sehingga para pengunjung merasa puas.   (Pemimpin Umum / Pemimpin Redaksi Majalah Holong Online - Fendi Sinabutar).
Suasana Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara  Jumat 6 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).

Gondang Sabangunan - Pimpinan Manik. Suasana Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara Jumat 6 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).
Suasana Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara  Jumat 6 Juli 2018.(Foto MH - Fendi Sinabutar).
Suasana Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara  Jumat 6 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).

Suasana Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir ProvinsiSumatera Utara  Jumat 6 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).

Suasana Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara Jumat 6 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).

Suasana Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara  Jumat 6 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).

Suasana Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara  Jumat 6 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).

Suasana Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara Jumat 6 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).
Suasana Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara  Jumat 6 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).
Kiri - Kanan :Rinton Maurit Simarmata SH dan Istri (Sekretaris Panitia), Jhon Wenson Saragih Simarmata dan Istri (Ketua Panitia). Suasana Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara Jumat 6 Juli 2018. (Foto MH -  Fendi Sinabutar).
Suasana Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara Jumat 6 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).
Suasana Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara Jumat 6 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).
Suasana Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara Jumat 6 Juli 2018. (Foto  MH - Fendi Sinabutar).


Suasana Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Jumat 6 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).
Suasana Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara Jumat 6 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).























Kol Nasib Simarmata SH MSi Saat Menerima Cendramata dari Rombongan Jaya Pura Papua.








Pemimpin Umum / Pemimpin Redaksi  Majalah Holong Online Fendi Sinabutar bersama Ibunda R Br Turnip (kedua dari kiri).










Kiri -  Kanan : Rinton Maurits Simarmata SH (SekretarisPanitia)-John Wenson Saragih Simarmata ST (Ketua Panitia)-Ir Razat Simarmata (Sekjen DPP)-Kol Nasib Simarmata SH MSi (Ketua Umum DPP). Foto MH - Fendi Sinabutar.



Ir Berlin Situngkir/ Br Simarmata (Bendahara Panitia).






Kol Nasib Simarmata SH MSi dan Pemimpin Umum / Pemimpin Redaksi Majalah Holong Online Drs Fendi Sinabutar.

Rombongan Provinsi Jambi Hadir di Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara  Sabtu 7 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).

Suasana Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara Sabtu 7 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).

Rombongan Provinsi Jambi Hadir di Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara  Sabtu 7 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).

Rombongan Provinsi Jambi Hadir di Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara Sabtu 7 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).

Rombongan Provinsi Jambi Hadir di Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara Sabtu 7 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).

Rombongan Provinsi Jambi Hadir di Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera  Sabtu 7 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).

Suasana Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Sabtu 7 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).


Suasana Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara Sabtu 7 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).
Suasana Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara  Sabtu 7 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).

Rombongan Provinsi Jambi Hadir di Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata
Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara Sabtu 7 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).

Rombongan Provinsi Jambi Hadir di Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sabtu 7 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).

Suasana Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara Sabtu 7 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).

Rombongan Provinsi Jambi Hadir di Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara  Sabtu 7 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).

Rombongan Provinsi Jambi Hadir di Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan SimanindoKabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara Sabtu 7 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).

Rombongan Provinsi Jambi Hadir di Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir  Provinsi Sumatera Utara Sabtu 7 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).

Rombongan Provinsi Jambi Hadir di Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara  Sabtu 7 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).

Rombongan Provinsi Jambi Hadir di Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara Sabtu 7 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).

Rombongan Provinsi Jambi Hadir di Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara Sabtu 7 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).

Rombongan Provinsi Jambi Hadir di Pesta Bolon Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boru Se-Indonesia yang dilaksanakan di Huta Simarmata, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sabtu 7 Juli 2018. (Foto MH - Fendi Sinabutar).
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong