Home » , , , , » Pesta Gotilon HKBP Jambi 2018 Sumbang Pembangunan Rumah Duka HKBP

Pesta Gotilon HKBP Jambi 2018 Sumbang Pembangunan Rumah Duka HKBP

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Kamis, 08 November 2018 | November 08, 2018

Pesta Gotilon HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Minggu, (4/11/2018), Panitia Ketua St. J.Manurung,S.Pd/br. Sitorus,  Wakil Ketua I, Wakil Ketua II,St. M.Simanjuntak,S.Pd/br. Gultom dan St. PSP. Sihombing/br. Sibuea. ( Foto: Fendi Sinabutar - MH ).
JAMBI, MH – Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga. Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberikan dengan suka cita.

Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan (2 Korintus 9 : 6 – 8). Ungkapan Firman Tuhan ini, mengajak kita untuk berbuat yang terbaik bagi kemuliaan nama Tuhan. Untuk itu Pesta Gotilon (Pesta Panen Raya)  tahun 2018 ini mari kita menabur hasil panen yang kita miliki sesuai dengan kerelaan kita, sembari suka cita.

Pesta Gotilon (Pesta Panen Raya) merupakan ungkapan rasa syukur, suka cita dan kesadaran akan berbagai yang baik atas anugerah yang sempurna, berkat, rejeki, pemeliharaan dan perlindungan Tuhan Yang Maha Esa dalam setiap gerak langkah kehidupan kita.  Pesta Gotilon ini sudah merupakan tahun kalender bagi Gereja HKBP, bahwa setiap tahunnya selalu dirayakan.



Pesta Gotilon HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi tahun 2018 mengambil Tema : Paratarata ma silehonlehon ni Debata na sahat tu Ho” ( 2 Timotius 1 : 6 – 12), dan Sub Tema : Marhite Pesta Gotilon “Beta ta pasahat tu Debata” parbue na dumenggan sian na taula i, laho manghatindanghon na silehonlehonan-Na do i tu hita, jala ulaon barita na uli do nang i.

Membawa Silua

Barisan Prosesi Praeses, Liturgis, Full Timer, Panitia Inti, Penasehat dan seluruh Majelis HKBP Jambi, mereka berjalan memasuki tempat acara kebaktian, song leader menyanyikan lagu pujian Somba ma Jahowa Debata, semua jemaat bernyanyi sambil berdiri menyambut barisan prosesi.

Acara seremoni kebaktian,  liturgis dilayani Pdt. Tampak Hutagaol, MTh selaku Pimpinan Jemaat HKBP Jambi dan Pdt. Samsir Deli Sinaga, D.Min dan untuk pemberian kontong persembahan kepada sintua dilayani Pdt. Linda br. Sibarani, STh dan Pdt. Immanuella br. Sitorus, STh dan kotbah disampaikan oleh Pdt. Hantus Hutapea, STh, MM Praeses HKBP Distrik XXV Jambi.

Sebelum Pdt. Hantus Hutapea, S.Th, MM menyampaikan kotbahnya, terlebih dahulu seluruh jemaat diajak untuk tunduk sebentar, mengingat peristiwa-peristiwa yang terjadi selama ini, antara lain  Gempa, Tsunami yang melanda Palu dan Donggala Sulawesi Tengah dan peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air  JT 610 PK – LQP di perairan Karawang Jawa Barat dan sekaligus mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas di terimanya Mahasiswa/i baru yang masuk di Perguruan Tinggi Negeri.

Dalam acara kebaktian inilah dilakukan acara khusus bagi seluruh jemaat  untuk menyerahkan Amplop Kasih diisi sesuai dengan kerelaan dan ucapan syukurnya, memberikan yang terbaik bagi kemuliaan nama Tuhan, sekaligus membawa silua, diiringi dengan menyanyikan lagu “Mangula hita jolma” (BE. N: 373: 1-2). Merekapun menyerahkan dengan penuh suka cita ke tempat yang telah disediakan .


Perayaan Pesta Panen Raya (Pesta Gotilon) dilakukan di HKBP bukanlah semata-mata bagi jemaat yang tinggal di daerah pertanian, namun tujuan Pesta Gotilon adalah mensyukuri berkat Tuhan atas segala hasil pekerjaan jemaat itu sendiri. Dengan kata lain bahwa Pesta Gotilon (Pesta Panen Raya) itu wujud nyata “ Manghamauliatehon parbue na ni ula ruas ni Huria”.

Puncak Pesta Gotilon (Minggu, 4/11/2018) HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi,sangat di respon warga jemaat dengan penuh antusias, hal ini dapat dilihat ribuan orang warga jemaat menghadirinya, teratap tenda biru yang dipasang panitia kiri-kanan dan depan gereja HKBP terisi semua.  Dengan perasaan senang bercampur bahagia mereka membawa silua untuk dilelang. 



Tak ketinggalan Pengurus Distrik Center HKBP Distrik  XX  HKBP Jambi yang diketuai Ir. Dopang Tambunan mantan Kepala BPN Provinsi Jambi membawa hasil panen Distrik Center HKBP berupa jeruk manis dan pete (palia).

Suasana Pesta Gotilon semakin semarak ketika rombongan Full Timer manortor, mereka menari bersama mengikuti irama musik yang diperankan JKR Musik Pimpinan H. Sibarani, SE/br. Manullang. 

Berkumandang lagu-lagu pujian dan lawas Batak, yang dibawakan penyanyi Trio JKR berjam-jam lamanya  mereka manortor sambil mangembas tidak merasa lelah, sembari merogoh kantongnya untuk memberikan olop-olop, suka cita menyelimuti keberadaan mereka, seketika itu dapat terkumpul uang puluhan juta rupiah.

Acarapun dilanjutkan dengan lelang  juru lelang dimotori oleh St. R. Rajagukguk, S.Pd Sekretaris HKBP Jambi sekaligus sebagai protokol dan St. SS. Manalu, STh. Paling menarik dalam acara ini mereka saling berlomba untuk menawar. 

Ny. Pakpahan boru Limbong ruas Wijk Pargodungan secara spontan menyerahkan lelang parsel ke Punguan Naomi, Punguan Lansia, Wijk Pargodungan, Pdt. Ressort HKBP Jambi, Pegawai HKBP Jambi dan kepada Kel. Ir. D. Tambunan/br. Sinaga.

Adapun urutan panortoran adalah sebagai berikut 1. Full Timer, 2. Panitia Pesta Gotilon, 3. Sekolah Minggu, 4. Lansia, 5. Pengurus Distrik Center HKBP Distrik XXV Jambi, 6.Wijk Paal Merah Lama, 7. Wijk Spin – STM, 8. Wijk Mayang – Sungai Sawang, 9. Wijk Gotong Royong, 10. Wijk Pasir Putih, 11. Wijk Simpang Kawat, 12. Wijk Telanaipura, 13. Wijk Talang Bakung Tangkat 2, 14. Wijk Villa Makasda, 15. Wijk Judika Parserahan, 16. Wijk Pargodungan, 17. Wijk Thehok, 18. Wijk KKK, 19. Wijk Talang Bakung Tangkit, 20. Wijk Perumnas Kotabaru dan terakhir Naposo HKBP dan Remaja.

Pembangunan Rumah Duka HKBP

Ketua Panitia St. J. Manurung, S.Pd dalam kata sambutannya menyatakan terima kasih atas kehadiran warga jemaat HKBP Jambi pada Pesta Gotilon (Pesta Panen Raya) tahun 2018 ini. Kiranya kebersamaan yang kita pertontonkan sekarang senantiasa menjadi milik kita seutuhnya, dan mari kita sama-sama untuk berpartisipasi dalam kegiatan Pesta Gotilon ini, ungkapnya dengan nada gembira.

Dikatakan lebih lanjut bahwa hasil panen selama tahun 2018 ini, mari kita jadikan sebagai persembahan syukur kepada Tuhan, sekaligus sebagai kesaksian iman bahwa segala sesuatu yang kita peroleh dari Tuhan oleh Tuhan dan untuk Tuhan, ungkapnya dengan diplomatis.

Pahlawan Tanpa Jasa ini menyatakan bahwa Pesta Gotilon adalah merupakan Pesta Jemaat untuk itu mari kita mensyukuri dan memberi kesaksian bahwa kita dapat manggotil/panen dari pekerjaan kita adalah karena Kasih, Karunia dan Berkat Tuhan semata, bukan karena kepintaran maupun kerja keras dan kemampuan kita sendiri, pungkasnya dengan semangat.

Dikatakan bahwa hasil Pesta Gotilon (Pesta Panen Raya) ini diperuntukkan untuk membiayai pelayanan HKBP Jambi pada tahun 2018, dan sekaligus untuk sumbangan Pembangunan Rumah Duka HKBP Jambi. Direncanakan tahun 2018 ini atau paling tidak awal tahun 2019 peletakan Batu Pertama akan dilaksanakan, sebutnya penuh optimis.

Suami boru Sitorus ini mengajak seluruh jemaat HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi turut serta berpartisipasi, untuk menyumbang agar Pembangunan Rumah Duka HKBP tersebut dapat terealisasi secepat mungkin, pungkasnya. Dijelaskannya bahwa untuk pembelian lahan termasuk sertifikat atas hak milik HKBP telah terealisasi.

Apabila Pembangunan Rumah Duka HKBP Jambi ini terealisasi, maka satu-satu gereja yang mempunyai Rumah Duka hanya gereja HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV, ungkapnya dengan nada senang. Direncanakan di Rumah Duka tersebut akan dibangun fasilitas dengan lengkap, termasuk penginapan, pungkasnya mengakhiri kata sambutannya.

Sebagai gambaran luas tanah 15 tumbuk (1.500 M), untuk Pembanguan Rumah Duka HKBP Jambi ini menelan biaya sebesar Rp 1.900.000.000,-  (Satu Milyar Sembilan Ratus Juta Rupiah) termasuk pembelian lahan dan pengurusan sertifikat hak milik HKBP. Dengan perincian pembelian lahan dan pengurusan sertifikat telah terealisasi sebesar Rp 700.000.000,- untuk bangunan dan fasilitas lainnya sebesar Rp 1.200.000.000,-. Lokasi di samping Sopo Godang Jubileum HKBP Kotabaru Jambi.

Panitia juga menyediakan hadiah lewat kupon undian, hadiah hiburan dan hadiah utama,  penarikan undian ini diselangselingi dengan acara tortor. Paling seru ketika panitia memutar nomor-nomor undian semua mata tertuju pada layar infocus. Hasil sementara Pesta Gotilon HKBP Jambi 4 Nopember 2018 sebesar Rp 588.413.000,- ( Lima ratus delapan puluh delapan juta empat ratus tiga belas ribu rupiah). Doa penutup disampaikan Pdt. Hantus Hutapea, S.Th, MM Praeses HKBP Distrik XXV Jambi.

Susunan Panitia Pesta Gotilon HKBP Jambi Ressort Jambi tahun 2018 : Pelindung Pdt. Hantus Hutapea, S.Th, MM Praeses HKBP Distrik XXV Jambi, Penanggungjawab Pdt. Tampak Hutagaol, M.Th, Penasehat : Prof. DR. Dompak Napitupulu, Ir. Dopang Tambunan, Hotman Sitanggang, SH, Liphan Pasaribu, SH, Ir. Ampera Sirait, Joni Rajagukguk,SH, Ketua St, jonson Manurung, S.Pd, Wakil Ketua I St. M. Simanjuntak, S.Pd, Wakil Ketua II St. PSP. Sihombing, Sekretaris Edu Hutauruk, Wakil Sekretaris Chandra Hutabarat dan Bendahara Ny. Ir. MP. Aritonang br. Siahaan. (MH-Fendi Sinabutar)


Song Leader, kiri Pdt. Tampak Hutagaol, M.Th Pendeta Ressort HKBP Jambi dan Pdt. Samsir Deli Sinaga, D.Min Pesta Gotilon HKBP Jambi, Minggu, (4/11/2018). ( Foto: Fendi Sinabutar).


 Pesta Gotilon HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Minggu, (4/11/2018).( Foto: Fendi Sinabutar).
 Pesta Gotilon HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Minggu, (4/11/2018). ( Foto: Fendi Sinabutar).

Pesta Gotilon HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Minggu, (4/11/2018).Foto: Fendi Sinabutar.

 Pesta Gotilon HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Minggu, (4/11/2018), silua untuk dilelang.( Foto: Fendi Sinabutar).


 Pesta Gotilon HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Minggu, (4/11/2018).( Foto: Fendi Sinabutar).


 Pesta Gotilon HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Minggu, (4/11/2018).( Foto: Fendi Sinabutar).


 Pesta Gotilon HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Minggu, (4/11/2018).( Foto: Fendi Sinabutar).
 Pesta Gotilon HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Minggu, (4/11/2018). ( Foto: Fendi Sinabutar).
 Pesta Gotilon HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Minggu, (4/11/2018).( Foto: Fendi Sinabutar).


 Pesta Gotilon HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Minggu, (4/11/2018).( Foto: Fendi Sinabutar).


 Pesta Gotilon HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Minggu, (4/11/2018).( Foto: Fendi Sinabutar).


 Pesta Gotilon HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Minggu, (4/11/2018).( Foto: Fendi Sinabutar).
 Pesta Gotilon HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Minggu, (4/11/2018).( Foto: Fendi Sinabutar).


 Pesta Gotilon HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Minggu, (4/11/2018).( Foto: Fendi Sinabutar).


 Pesta Gotilon HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Minggu, (4/11/2018).( Foto: Fendi Sinabutar).


 Pesta Gotilon HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Minggu, (4/11/2018), silua untuk di lelang.( Foto: Fendi Sinabutar).


 Pesta Gotilon HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Minggu, (4/11/2018).( Foto: Fendi Sinabutar).


Pesta Gotilon HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Minggu, (4/11/2018), membawa persembahan Amplop Kasih. Foto: Fendi Sinabutar.
Pesta Gotilon HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Minggu, (4/11/2018), Keluarga P. Pasaribu/br.Siahaan.( Foto: Fendi Sinabutar).





Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong