Home » , , » Rencana Pembentukan HBB di Jambi Semakin Menguat

Rencana Pembentukan HBB di Jambi Semakin Menguat

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Jumat, 23 Agustus 2019 | Agustus 23, 2019

Pertemuan Drs A Sinaga MPd, Ir A Sinaga, AKBP (P) Basoka Sagala SH MH, J Rajagukguk SH, B Sipahutar, P Ritonga, Pak Sinaga, Jumat (23/8/2019). Foto Asenk Lee Saragih
Jambi, MH-Pembicaraan tentang rencana pembentukan  organisasi masyarakat bernama Horas Bangso Batak (HBB) di Provinsi Jambi kini semakin massif. Pertemuan Tim Kecil Penggagas HBB di Jambi kali kedua melakukan pertemuan untuk membicarakan rencana pembentukan kepengurusan HBB di Provinsi Jambi.

Pertemuan kedua yang dilakukan Drs A Sinaga MPd, Ir A Sinaga, AKBP (P) Basoka Sagala SH MH, J Rajagukguk SH, B Sipahutar, P Ritonga, Pak Sinaga, di kediaman Basoka Sagala, Jumat (23/8/2019) berjalan dengan baik. 

Pertemuan ini membicarakan lanjutan pertemuan oleh Drs A Sinaga MPd, Ir A Sinaga, AKBP (P) Basoka Sagala SH MH, J Rajagukguk SH, Sipahutar pada Senin (19/8/2019) lalu. Inti pembicaraan soal pentingnya organisasi HBB di Jambi sebagai salah satu wadah aspirasi sosial politik masyarakat Jambi asal tanah Batak di Jambi.

“Saya mendukung penuh hadirnya organisasi HBB di Jambi. Ini sebagai wadah aspirasi masyarakat Jambi asal tanah Batak dalam menyuarakan aspirasi sosial politik. Perjuangan sosial politik masyarakat Batak di Jambi sangat penting sebagai bagian dari masyarakat yang majemuk,” ujar Basoka Sagala yang diamini Drs A Sinaga MPd, J Rajagukguk SH dan B Sipahutar.

Dari hasil pertemuan ini disepakati untuk mengundang sebanyak 50 tokoh Batak di Jambi untuk merangkum sumbang saran dan pendapat tentang rencana pembentukan DPD HBB Provinsi Jambi. Pertemuan ini rencana pada Kamis 5 September 2019 dan dilayangkan undangan bagi 50 tokoh tersebut.



“Marilah kita bangso Batak sebagai pelopor kebersamaan di dalam bertoleransi dan membangun Kota Jambi, dimana bangso Batak bisa berkolaborasi dengan masyarakat Jambi lainnya diberbagai aspek kehidupan,” ujar P Ritonga. 

“Tapi dibalik semua itu terkadang bangso Batak terkucilkan berbagai hal. Seperti kebebasan beribadah, mencari pekerjaan dan yang paling menyakitkan di dalam bersilahturahmi dengan masyarakat umum di luar bangso Batak,” kata P Ritonga lagi.

Menurut P Ritonga, terkadang mereka sudah tahu kita orang Batak, tapi mereka ingin lebih tau apa agama kita. Padahal kita bangso Batak sangatlah berjiwa patriotisme kepad NKRI yang kita cintai ini.

“Maka dengan kehadiran organisai HBB di Prov Jambi saya sangat setuju. Biarlah dengan hadirnya organisasi HBB ini, membuat kita bangso Batak  yang mampu berdiri atau tegak sesuai dengan jatidirinya yang memiliki harga diri yang sangat tinggi. Maka marilah kita jadikan Organisasi HBB ini menjadi wadah atau payung hukum kita bangso Batak untuk membela hak-hak sebagai warga negara yang siap mendukung pembangunan dan keberadaan bangso Batak di Provinsi Jambi.HORAS,” kata P Ritonga.(Asenk Lee)
Pertemuan Drs A Sinaga MPd, Ir A Sinaga, AKBP (P) Basoka Sagala SH MH, J Rajagukguk SH, B Sipahutar, P Ritonga, Pak Sinaga, Jumat (23/8/2019). Foto Asenk Lee Saragih
Pertemuan Drs A Sinaga MPd, Ir A Sinaga, AKBP (P) Basoka Sagala SH MH, J Rajagukguk SH, B Sipahutar, P Ritonga, Pak Sinaga, Jumat (23/8/2019). Foto Asenk Lee Saragih
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong