Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar : Bertobatlah, Persiapkanlah Jalan Bagi Tuhan

Saat Pucuk Pimpinan HKBP Ephorus Pdt Dr Robinson Butarbutar membuka pintu gereja HKBP Syalom Jambi Ressort Alam Barajo Distrik XXV Jambi Minggu, 5 Desember 2021. (Poto, MH - Fendi Sinabutar).

Jambi, MH - Gereja HKBP Syalom Jambi Ressort Alam Barajo Distyrik XXV Jambi merayakan Pesta Mameakhon Batu Ojahan dan Mangompoi Gereja HKBP Syalom Jambi Ressort Alam Barajo Distrik XXV Jambi dihadiri Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar yang dilaksanakan Minggu, 5 Desember 2021.

Adapun bentuk kegiatan ini adalah peletakan batu/peti dimana isi dari peti tersebut adalah berupa Agenda buku besar dan kecil, Buku Ende, Bibel, Konvensi HKBP, Data warga statistik jemaat dan Buku Sejarah berdirinya HKBP Syalom Jambi.

Barisan prosesi  Pdt Dr Robinson Butarbutar, para pendeta termasuk Pdt Hantus Hutapea, S.Th, MM dan Pdt Lisker Sinaga, S.Th dan pangulani huria berjalan beriringan menuju Gereja HKBP Syalom kurang lebih 100 M sekaligus membawa peti, ketika sampai di lokasi Gereja mereka disambut tortor Batak yang dibawakan oleh para remaja dan naposo diirngi dengan musik tradisional Batak. 

Di depan gereja pengalungan bunga kepada Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar sebagai tanda "Selamat Datang" dan bunga pangkupun diserahkan kepada Ompung boru Srimiaty Rayani br  Simatupang, SSi, M.Hum.

Baca juga : http://www.majalahholong-online.com/2021/12/gereja-hkbp-syalom-jambi-mengadakan.html

Beberapa saat kemudian Ompung boru Simatupang sebelum menggunting pita terlebih dahulu berdoa dalam doanya Ompung boru Simatupang mendoakan kiranya gereja ini menjadi tempat berkumpulnya jemaat dalam memuji dan memuliakan nama Tuhan dan semakin penambah berkat bagi jemaatnya.

Selanjutnya Ephorus HKBP menandatangani Prasasti, disaat yang sama panitia menyerahkan kunci pintu gereja. Sebelum membuka pintu gereja terlihat Ephorus berdoa terlebih dahulu, setelah berdoa Ephorus membuka pintu gereja pertanda resminya HKBP Syalom Jambi dipakai untuk Ibadah. 

Seketika itu lonceng gereja dibunyikan diiringi dengan alat musik tradisional Batak "Godang Sabangunan" dan seluruh jemaat menyanyikan "Sai hehe ma hamuna" pertanda sukacita menyelimuti keberadaan mereka atas kasih dan karunia Tuhan yang selalu mengiringi perjalanan pembangunan gereja ini dan dapat pada saat sekarang (5/12/2021) "Mangompoi dan Mameakhon Batu Ojahan (MBO).

Setelah semua barisan prosesi masuk di dalam gereja dan telah duduk pada tempatnya mereka dengan penuh hikmat menyanyikan lagu "Somba ma Jawoba". Selanjutnya diadakan ibadah kebaktian Minggu yang langsung dipimpin Pucuk Pimpinan HKBP Ephorus Pdt Dr Robinson Butarbutar, liturgis disampaikan Pdt Hardy B Lumbantobing, S.Th Praeses HKBP Distrik XXV Jambi. 

Warta jemaat dibacakan Pdt Tumpal H Simamora, M.Th Pimpinan Jemaat HKBP Syalom Jambi. Di tengah - tengah kebaktian ibadah berlangsung lagu - lagu pujian dinyanyikan Koor Ama Gabungan HKBP Syalom Jambi, Naposo Bulung dan Ina Gabungan. 

Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar mengambil naats Firman Tuhan dari Lukas 3: 1 - 6. Ibadah kebaktian yang penuh dengan sukacita, dikatakan Ephorus bahwa jemaat HKBP Syalom Jambi selama kurang lebih 26 tahun mengalami pergumulan yang berkepanjangan di dalam ibadah, namun  karena jemaat tekun di dalam doa, bahkan terkadang meneteskan air mata namun tetap berpengharapan kepada Tuhan.

Dikatakan bahwa hari ini Minggu, 5 Desember 2021 doa Bapa Ibu sudah terjawab dan kita dengan penuh sukacita telah mengadakan ibadah bersama, terpujilah Tuhan, ungkapnya. Diartikannya nama gereja tersebut bahwa Syalom adalah damai di dalam hati, sukacita dan berkat bagi seluruh jemaat HKBP Syalom Jambi.

Selanjutnya Ephorus menyatakan bersukacita setelah membaca sejarah singkat perjalanan berdirinya gereja ini, perjuangan, pergumulan dan kepercayaan yang teguh. Ephorus menyinggung topik kotbah hari ini seharusnya Bersukacitalah namun sebaliknya Bertobatlah, Persiapkan jalan bagi Tuhan.

Diuraikan Ephorus bahwa sukacita yang lebih - lebih  di depan Tuhan adalah kalau ada pertobatan di dalam diri kita, kalau ada orang berdosa bertobat disitulah sukacita dari Tuhan, kalau ada masyarakat di sekitar HKBP Syalom ini bertobat ke jalan Tuhan disitulah nyanyian pujian disuarakan Tuhan, ujarnya.

Ephorus menyampaikan bahwa topik Minggu ini adalah menyapa seluruh warga jemaat untuk bertobat dan mempersiapkan jalan bagi Tuhan, ungkapnya.

Ephorus juga menyoroti pergumulan kita pada Pandemi Covid- 19 untuk itu kita harus benar - benar waspada dan tetap melaksanakan sesuai dengan anjuran pemerintah "Protokol Kesehatan". Tuhan juga menginginkan kita untuk tetap berjalan di dalam Firman dan bertobat dari jalan yang lama.

Diakhir khotbahnya Ephorus menyampaikan kepada seluruh jemaat agar semakin rajin beribadah di gereja untuk menerima berkat dari Tuhan dan bertobat yang dulunya jarang ke gereja namun mulai saat ini penuhilah gereja ini, kiranya diberkati Tuhan gereja ini dan seluruh warga jemaat HKBP Syalom Jambi, Amin ungkap Ephorus. 

Ephorus Pdt Dr Robinson Butarbutar, Praeses HKBP Distrik XXV Jambi Pdt Hardy B Lumbantobing, S.Th dan mantan Praeses HKBP Distrik XXV Jambi Pdt Hantus Hutapea, S.Th, MM mengadakan seremoni Mameakhon Batu Ojahan (MBO) yang telah disediakan di dalam peti. Setelah acara ini mereka makan bersama.

Setelah acara Mameakhon Batu Ojahan  Ephorus bersama istri, Praeses bersama istri dan pendeta lainya manortor diiringi Embas Musik lagu - lagu pujian berkumandang dalam acara dan lagu - lagu lawas Batak. Mereka manortor bersama  sembari menyumbang berjam - jam lanya mereka manortor sambil mangembas tidak merasa lelah apalagi bersama dengan Ephorus dan Inang Ompung boru Simatupang.

Panitia Pesta Mameakhon Batu Ojahan (MBO) dan Mangompoi Gereja HKBP Syalom Jambi menyematkan ulos kepada Ompu i Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar bersama Ompung boru Srimiaty Rayani boru Simatupang, SSi, M.Hum melalui Op Christine Simarmata bersama Op Cristine boru Sihaloho.

Walikota Jambi Dr H Sy Pasha, ME hadir usai acara seremoni kebaktian, Walikota berpesan agar menjaga dan merawat gereja tersebut dengan baik karena gedungnya sudah bagus, maka karakter umatnya juga harus semakin baik.

Fhasa berharap bahwa kehadiran gereja ini harus memberi positif kepada masyarakat sekitar. Walikota juga memohon kepada seluruh pelayan HKBP Distrik XXV Jambi untuk senantiasa merawat hubungan yang baik dengan seluruh lapisan masyarakat.

Baca juga : http://www.majalahholong-online.com/2021/12/warga-jemaat-hkbp-syalom-jambi-ressort.html

Walikota juga menyatakan bahwa kawasan ini menjadi kawasan pembangunan gereja, akses jalan juga sudah kita bangun, ujar Ketua DPD Partai NasDem Provinsi Jambi ini, disambut tepuk tangan dengan membahana dari jemaat, diakhir kata sambutannya Walikota tak lupa mengucapkan kata "Horas dan Mauliate".

Ephorus menyambut dengan baik ungkapan Walikota tersebut, "Semoga pemimpin yang dapat mengayomi semua eknis rakyatnya seperti Bapak Walikota ini, juga ada di seluruh Tanah Air. Ephorus juga mengungkapkan semoga dapat mengemban tugas yang lebih besar lagi pada waktu yang akan datang, sembari melirik Walikota dengan penuh harapan.

Untuk memberikan kenang - kenangan kepada Walikota Jambi Dr H Sy Fhasa, ME Pucuk Pimpinan HKBP Ephorus Pdt Dr Robinson Butarbutar bersama Ompung boru menyematkan ulos.

Acarapun dilanjutkan dengan manortor dari undangan dan selanjutnya Ephorus menyematkan ulos kepada mereka yang telah ditunjuk Panitia. (MH - Fendi Sinabutar).












































































Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar