Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Doa Syukuran Bersama Dirangkai Dengan Pergantian Pengurus Punguan

Pomparan Raja Silahisabungan Loho Raja, Tungkir Raja, Sondi Raja, Butar Raja, Dabariba Raja, Debang Raja, Batu Raja dan Tambun Raja., Minggu 15 Mei 2022 di Gedung Asi Ni Roha I. (Poto MH - Fendi Sinabutar).

JAMBI, MH -  Setelah dua tahun lebih  Punguan Pomparan Raja Silahisabungan Anak Dohot Boruna se Kota Jambi Nahumaliangna tidak mengadakan Doa Syukuran Bersama akibat Pandemi Covid- 19 yang melanda dunia termasuk Indonesia. 

Untuk memutus mata rantai penyebaran Pandemi Covid- 19 tersebut segala kegiatan yang mengundang keramaian ditiadakan, hal inipun terimbas kepada punguan - punguan marga yang setiap awal tahunnya mengadakan pesta untuk mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Tuhan Yang Maha Esa atas penyertaanNya terhadap semua anggota punguan ada dalam keadaan sehat - sehat.

Namun untuk tahun 2022 ini puji Tuhan Pandemi Covid- 19 telah melandai. Punguan Pomparan Raja Silahisabungan Anak dohot Boruna se Kota Jambi Nahumaliangna ( Loho Raja, Tungkir Raja, Sondi Raja, Butar Raja, Dabariba Raja, Debang Raja, Batu Raja dan Tambun Raja).

Punguan yang beranggotakan 720 KK mengadakan Doa Syukuran Bersama dan dirangkai dengan pergantian pengurus pada Minggu, 15 Mei 2022 di Gedung Asi Ni Roha I Kota Baru Jambi.

Pantauan Majalah Holong Online di Gedung Asi Ni Roha, terlihat makna kerinduan di antara mereka. Setelah bertemu satu dengan yang lainnya langsung bertegur sapa, berjabat tangan sembari ngobrol bersama.

Bahkan sebahagian di antara mereka saling berpelukan untuk melepas kerinduan, karena dua tahun lebih tidak ada pertemuan. Mereka memadati seisi ruangan gedung, diperkirakan yang hadir sekitar 1.500 orang.

Pertemuan di antara mereka hangat, penuh kekeluargaan dan keakraban, terpatri rasa kebersamaan di antara mereka, kiranya kemesraan yang mereka pertontonkan hari ini 15 Mei 2022, janganlah cepat berlalu akan tetapi abadi sepanjang masa. 

Doa Syukuran Bersama mengambil Tema; "Ida ma dengganna i dohot sonangnai, molo tung pungu sahundulan angka na marhahamaranggi". (Psalmen, 133, 1). Sub Tema: "Masihaholongan ma hamu jala masijolojoloan laho masipasangapan pinompar ni Ompu Raja Silahisabungandohot Boruna se Kota Jambi Nahumaliangna".

Doa Syukuran Bersama ini diawali dengan Ibadah yang dipimpin langsung oleh Pdt Pestanatalia br Silaen, S.Th, MA yang sehari - hari melayani di Gereja HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi, dengan mengambil Naats dari Psalm 133, litugis diperankan  oleh  St Ny Simanihuruk br Tambun dan Doa syafaat St. R. Rumasingap / br. Sitanggang.

Sementara song leader Abraham Tambun, Hanna br.Tambunan dan Kartika br Simamora, Pianis dimainkan oleh Irene br. Simanungkalit, Organis Diny br. Sinabutar, Saxophone Nico Pasaribu dan operator infocus selama kebaktian berlangsung diperankan oleh Einar Sinabutar.

Lagu pujian - pujian berkumandang, dengan penuh hikmat mereka nyanyikan bersama membuat suasana semakin hikmat dan penuh arti. Tak ketinggalan Koor Pomparan Raja Silahisabungan menyumbangkan sebuah lagu, "Istri yang teramat baik".

Trio Silahisabungan Juandi Silalahi, Hasudungan Tambunan dan Abraham Tambun menyumbangkan sebuah lagu pujian yang berjudul "Kasih". Semua yang berperan di Kebaktian ini adalah merupakan Pomparan Raja Silahisabungan terkecuali pengkotbah.

Setelah selesai Ibadah acara dilanjutkan dengan pemutaran hadiah hiburan, khusus untuk hadiah hiburan panitia menyediakan berbentuk sembako sebanyak 100 paket. Pemutaran hadiah hiburan ini dilakukan dengan cara aplikasi komputer, sementara operator infocus untuk hadiah hiburan  oleh Marihot Tambunan.

Selama pemutaran hadiah hiburan diselang - selingi dengan lagu - lagu lawas Batak yang dinyanyikan dengan manis oleh Embas Trio dan Sekretaris punguan mensosialisasikan kegiatan punguan lewat infocus dengan operator diperankan oleh Einar Sinabutar.

Selanjutnya acara makan bersama, penyediaan konsumsi nasi kotak langsung dari Pomparan Raja Silahisabungan, karena pengusaha jasa chatering di Kota Jambi ada dari Pomparan Raja Silahisabungan. Adapun nasi kotak panitia menyediakan sebanyak 1.500 kotak.

Setelah selesai makan bersama dilanjutkan dengan barisan prosesi, dari depan gedung berjalan beriringan di mulai dari membawa banner yang bertuliskan Pomparan Raja Silahisabungan, Loho Raja, Tungkir Raja, Sondi Raja, Butar Raja, Dabariba Raja, Debang Raja, Batu Raja dan Tambun Raja.

Diikuti dengan Badan Pengurus Harian (BPH), Natuatuani Punguan, Penasehat dan seluruh Ketua Turpak / Sub Marga yang di tomu - tomu langsung oleh Panitia Doa Syukuran Bersama.

http://www.majalahholong-online.com/2022/05/doa-syukuran-bersama-punguan-pomparan.html klik dan baca.

Dengan penuh hikmat mereka berjalan sembari diiringi dengan musik Embas Trio menyanyikan lagu Raja Silahisabungan yang diciptakan oleh H Tambunan, S.Pd bersama D. Tambunan (Alm). Terlihat semua hadirin berdiri menyambut barisan prosesi tersebut.

Untuk memulai acara perayaan Op. Advent Sihaloho/br Simarmata penasehat punguan di daulat untuk memimpin acara "Mangido Tua Ni Gondang. 

Acarapun dilanjutkan Badan Pengurus Harian dan Panitia manortor bersama, terlihat kebersamaan di antara mereka menyatu dalam kegembiraan, semua berjoget bersama mengikuti alunan musik dengan penyanyi Trionya menyanyikan tembang - tembang hits Batak, dapat menghipnotis mereka dalam kebahagiaan. Seolah - olah mereka mengingatkan akan Bona Pasogitnya.

Suasana semakin meriah dan semarak, mereka semakin larut dalam kebahagiaan dan kegembiraan sambil marjoget, berjam - jam lamanya mereka manortor tidak merasa lelah, sambil merogoh kantongnya untuk memberikan saweran. 

Hal ini dilakukan untuk menambah kas punguan. Di Dalam acara ini diselang - selingi dengan pemutaran hadiah doorprize. Adapun hadiah yang disediakan Panitia adalah 2 buah kulkas (2 pintu), 2 buah mesin cuci (2 tabung), 3 buah TV (32 inci), 2 buah handphone (merek vivo), 2 buah sepeda gunung, 2 buah vacum cleaner dan 2 buah oven panggang roti. 

Selanjutnya acara pergantian Badan Pengurus Harian periode tahun 2019 - Mei 2022 dari pengurus lama Ketua PM Sinurat/Br Naibaho, Wakil Ketua H Tambunan, S.Pd/Br Simorangkir, Sekretaris Drs F Sinabutar/Br Simarmata dan Bendahara ER Simanungkalit/Br Tambunan.

Sehari sebelumnya Tim Formatur sebanyak 15 orang yang diketuai Op Elga Sigiro/Br Sitanggang selaku penasehat punguan dan sekretaris St B Sidebang, SP/Br Girsang mengadakan rapat di rumah Kel Op Elga Sigiro/Br Sitanggang untuk memilih Badan Pengurus Harian periode Mei 2022 - tahun 2025.

Adapun Badan Pengurus Harian periode Mei 2022 - 2025 yang terpilih dan telah dibuat Surat Keputusan (SK) Kepengurusan adalah sebagai berikut Ketua Umum H Tambunan, S.Pd/Br Simorangkir, Ketua I Drs F Sinabutar/Br Simarmata, Ketua II N Tambunan/Br Simanjuntak, Ketua III St B Sidebang, SP/Br Girsang, Sekretaris T Pintubatu, S.Pd/Br Nainggolan, Wakil Sekretaris Abraham Tambun, SE, MM/Br Manurung dan Bendahara ER Simanungkalit/Br Tambunan.

Merekapun dilantik oleh Penasehat Punguan dengan membaca SK yang telah dibuat. Sementara untuk Ketua Umum terpilih diberikan gambar Tugu/Makam Raja Silahisabungan sebagai simbol kepengurusan dan begitu seterusnya.

Sementara Ketua yang lama punguan memberikan tanda kenangan berupa gambar Tugu/Makam Raja Silahisabungan, acarapun dilanjutkan dengan tortor berikutnya.

Untuk tahun 2022 anggota baru yang mendaftar sebanyak 46 KK, maka jumlah anggota Punguan Pomparan Raja Silahisabungan Anak Dohot Boruna Se Kota Jambi Nahumaliangna sebanyak 766 KK.

Paling meriah dan seru dalam acara ini adalah ketika pemutaran hadiah doorprize berupa 2 buah kulkas (2 pintu), dengan penuh seksama mereka melihat ke layar monitor apakah nomornya mendapat keberuntungan.

Acarapun selesai dengan tertib dan didukung cuaca seharian cerah, mereka saling salam - salaman pertanda acara berakhir dan ditutup dengan doa oleh St B Sidebang, SP merekapun pulang ke rumah masing - masing dengan penuh suka cita.

Akhirnya Pemimpin Umum/Pemimpin Majalah Holong Online, "Mengucapkan Selamat dan Sukses Doa Syukuran Bersama Punguan Pomparan Raja Silahisabungan Anak dohot Boruna se Kota Jambi Nahumaliangna". 

Dan Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan berkat yang berkelimpahan kepada semua anggota Punguan Pomparan Raja Silahisabungan Anak dohot Boruna se Kota Jambi Nahumaliangna,,,, Amin. (MH - Fendi Sinabutar).




































































Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar