Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Sakramen Perkawinan Blasius Tony Sihaloho Dengan Anastasia Desy Dosma Simarmata

Ke dua orang tua dan ke dua pengantin berpoto bersama dengan Romo  Gregorius Wahyu Wurdiyanto, SCJ di Gereja Katolik St. Gregorius Agung Lingkar Barat – Jambi hari Sabtu, 31 Oktober 2020. (Poto MH - Fendi Sinabutar).

Jambi, MH - “YA TUHAN… kalau kami boleh bertemu itu karena rencanaMu, kalau kami boleh melangkah dan tumbuh bersama itu karena pertolonganMu. Kalau kami boleh menata hati bersama, membangun kasih dalam suka dan duka, itu semua karena kasihMu. Kalau kami akhirnya tiba di lembar awal hidup baru, itu semua karena petunjukMu. Oleh karena itu ke dalam tanganMu PengasihanMu kami persembahkan niat suci ini, kiranya rumah tangga kami Engkau berkati dari sekarang sampai selama-lamanya”.

Untaian doa di atas menjadi awal kebersamaan untuk merajut sebuah mahligai rumah tangga, antara Blasius Tony Sihaloho dengan Anastasia Desy Dosma Simarmata. Mereka berdua berkeyakinan, kalau membangun masa depan berdua dalam ikatan kasih yang abadi dan suci, itu terjadi karena  Anugerah Tuhan.

Dengan penuh keyakinan dan kesepakatan, mereka berduapun membangun sebuah mahligai rumah tangga dalam ikatan Perayaan Ekaristi Sakramen Perkawinan dan sepakat akan menjaga kesakralan pernikahan dengan menyandarkan hidup pada ajaran Tuhan Yesus Kristus. Merekapun mengucapkan terima kasih kepada Tuhan yang telah membuat segala sesuatu, “Indah pada waktunya”.

Mempelai pria  Blasius Tony Sihaloho merupakan putra Op Advent Sihaloho dan Ibu boru Simarmata alamat di Mayang Kota Jambi Provinsi Jambi sementara mempelai wanita Anastasia Desy Dosma Simarmata merupakan putri dari Op Roxanne Simarmata dan ibu boru Maink alamat daerah Tempino Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi.

Sebelum melakukan pemberkatan Perayaan Ekaristi Sakramen Perkawinan terlebih dahulu diadakan ritual sibuha - buhai  di rumah Keluarga Op Roxanne Simarmata boru Manik. Ritual sibuha - buhai merupakan prosesi di mana mempelai pria menjemput mempelai wanita. 

Dalam acara inilah mempelai wanita dan pria minta izin, doa restu kepada orang tua masing-masing, sekaligus  pemberian bunga (kembang) dari mempelai pria ke mempelai wanita dan sebaliknya mempelai wanita juga memberikan kembang atau bunga kepada mempelai pria. Di acara inilah  peran hula-hula Manik  memimpin doa sebelum berangkat ke gereja.

Perayaan Ekaristi Sakramen Perkawinan ke dua mempelai  ini dilaksanakan di Gereja Katolik St. Gregorius Agung Lingkar Barat – Jambi, hari Sabtu, 31 Oktober 2020 yang dipimpin Romo Gregorius Wahyu Wurdiyanto, SCJ. 

Acara pemberkatan pernikahan ini mematuhi anjuran pemerintah “Protokol Kesehatan” sebelum masuk para jemaat mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, memakai masker, mengukur suhu badan dan di dalam gerejapun menjaga jarak.  

Prosesi pemberkatan di gereja, ke dua mempelai beserta orang tua, para saksi dan yang ditunjuk menjadi wakil keluarga berhimpun di depan pintu gereja. 

Imam bersama para putra altar keluar dari sakristi, memyambut ke dua mempelai di pintu gereja. Seketika itu Romo Gregorius Wahyu Wurdiyanto, SCJ mengucapkan selamat datang saudara/i yang dikasihi Tuhan.

 Kita berhimpun disini untuk mengawali perayaan perkawinan Gereja menyambut saudara/i dan ikut bergembira dalam perayaan kasih ini. Semoga rahmat, damai sejahtera dan kasih Allah senantiasa bersamamu.

Perayaan Ekaristi Sakramen Perkawinan ke dua mempelai berjalan dengan penuh khusuk dan lagu-lagu rohani silih berganti dinyanyikan. Dalam pemberkatan pernikahan ke dua mempelai ini Romo Gregorius Wahyu Wurdiyanto, SCJ mengucapkan atas nama Gereja Allah yang kudus dan dihadapan para saksi serta hadirin sekalian, saya menegaskan bahwa pernikahan yang yang telah diresmikan ini adalah pernikahan Katolik yang sah.

Semoga sakramen ini menjadi sumber kebahagiaan dan kekuatan bagi kalian berdua, demia nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Apa yang telah dipersatukan oleh Allah jangan diceraikan oleh manusia.

Setelah Sakramen pemberkatan, Romo Gregorius Wahyu Wurdiyanto, SCJ memimpin penyerahan tukar cincin antara ke dua mempelai. Dilanjutkan dengan penyerahan Kitab Suci, Salib dan Rosario, sekaligus penandatanganan berkas perkawinan.

Dilanjutkan dengan liturgi Ekaristi, lagu persiapan persembahan dan Doa Syukur Agung kepada ke dua mempelai Blasius Tony Sihaloho dan Anastasia Desy Dosma Simarmata dan Doa sesudah komuni. Selanjutnya mempelai menuju ke depan patung Bunda Maria didampingi Imam, orang tua dan para saksi, ke dua mempelai berdoa bersama.

Setelah selesai sakramen perkawinan Romo Gregorius Wahyu Wurdiyanto, SCJ mempersilahkan perwakilan kata sambutan dari keluarga pihak mempelai laki – laki yang disampaikan oleh Drs T Sihaloho, selanjutnya poto bersama dengan ke dua mempelai.

Acara makan bersama dan pesta unjuk sesuai dengan adat budaya Batak dilaksanakan di rumah orang tua mempelai laki – laki daerah Mayang Kota Jambi, hal ini dilakukan karena situasi Pandemi Covid- 19. Dan tetap dilaksanakan sesuai dengan Prokol Kesehatan.  

Dalam acara ini terlihat harmoni pelaksanaan adat Budaya Batak dengan somba (hormat) marhula -  hula menyampaikan “tudu - tudu sipanganon” dari pihak paranak dan pihak parboru dapat mengayomi menyampaikan“dengke simudur – udur”. Setelah makan selesai dilakukan pembagian parjambaron.

Selanjutnya acara pemberian ulos mulai Ulos Pansamot, ulos hela dan sarung (mandar) pun disematkan kepada mempelai laki -  laki sebagai lambang kesiapan Blasius Tony Sihaloho menjadi “parhobas” di ulaon keluarga Simarmata.

Terlihat pelaksanaan Adat Dalihan Na Tolu berjalan secara harmoni, horong ni hula -hula dan tualng dari ke dua pihak secara bergantian menyematkan ulos kepada ke dua pengantin sebagai ulos holong. Acara adat pernikahanpun berakhir setelah dibagikan olop – olop dan ditutup dengan doa. (MH – Fendi Sinabutar).









































 

 


Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar